Home Event Exhibition Lelang Die Cast di IDE 2017, Pecahkan Rekor Kembali

Lelang Die Cast di IDE 2017, Pecahkan Rekor Kembali

Dua hari sudah (28-29 Oktober 2017), gelaran pameran diecast terbesar di Indonesia, The 4th Indonesia Diecast Expo (IDE) 2017 berlangsung secara meriah di Balai Kartini, Jakarta. Acara yang didukung kembali oleh PT Bank Central Indonesia (BCA) sebagai sponsor utama ini sukses menyedot perhatian masyarakat Indonesia, terutama komunitas diecast dari seluruh pelosok Tanah Air.

Puncaknya adalah terpecahkannya rekor lelang official event car yang merupakan the most collectible official merchandise of Indonesia Diecast Expo. Rekor lelang event car IDE yang sebelumnya dipegang oleh Hot Wheels (HW) Morris Mini Cooper Custom No. 1 of 50 senilai Rp. 8,5 juta pada IDE tahun 2016 lalu, terpecahkan pada tahun ini oleh HW Morris Mini Cooper No. 1 of 100 edisi IDE 2017 yang terlelang sebesar Rp. 32 Juta. “Lelang kali ini benar-benar luar biasa. Nilainya sulit dipercaya.  Hal ini tak lepas dari begitu antusiasnya para pengunjung untuk mendapatkan event car edisi terbatas yang selalu ditunggu setiap tahunnya,” ujar Vero Sahetapy, Ketua Panitia IDE 2017.

The 4rd IDE 2017 yang bertema Muscle Power juga menampilkan deretan mobil display yang dipajang yang terdiri dari : dua unit Shelby GT 500 lansiran 2010 dan 2017, Chevrolet Bel Air ‘55, Chevrolet Camaro ‘69, Ford Mustang Pony ‘66, dan Dodge Charger ‘69. Dari sisi jumlah pengunjung, IDE 2017 dikunjungi sekitar 12 ribu pengunjung selama dua hari pelaksanaannya, tidak berbeda jauh dengan penyelenggaraan IDE tahun 2016 lalu. Pun, dengan jumlah transaksi selama dua hari yang masih berada di angka Rp 3 milliar.

Komunitas One Eighteen terpilih sebagai pemenang Best Booth untuk kategori Diorama. Dari Kategori Komunitas, kini giliran Diecast Mini Cooper Collectors Club (DM3C) yang terpilih sebagai pemenangnya Sementara Bimo, yang baru pertama kali memajang koleksi diecast skala 1:18 IDE, terpilih sebagai The Best Booth untuk kategori kolektor.

Pada IDE tahun ini, penyelenggara juga menyiapkan sebuah acara menarik, yaitu Collectors Night. Acara yang baru pertama kali diadakan di IDE ini nyaris serupa dengan dengan acara Hot WheelsCollectors Convention di Amerika Serikat. Lebih istimewa lagi karena acara yang berlokasi di Beka Resto ini menghadirkan bintang tamu yang sudah sangat dikenal di kalangan diecaster dunia, yaitu Chris Stangler.

Customizer diecast dari negeri asal muscle cars, khusus didatangkan sebagai bintang tamu collectors night. Acara ini merupakan sebuah improvisasi yang dilakukan IDE demi meningkatkan taraf dan kualitas satu-satunya acara diecast berskala nasional di negeri ini. Pu+n, hal ini bermakna bahwa IDE senantiasa berusaha mengembangkan dunia diecast dan miniatur di Indonesia, dengan memfasilitasi keinginan para komunitas dan kolektor diecast.

Selain menampilkan kurang lebih 80 pelapak yang menjual diecast dari berbagai merk dan skala, IDE juga selalu memamerkan koleksi diecast dari sejumlah kolektor dan komunitas. Seluruh koleksi diecast yang dipamerkan di Indonesia Diecast Expo merupakan koleksi pribadi para kolektor dan komunitas, dan tidak untuk dijual. Selain itu, acara rutin seperti balap diecast, kontes modifikasi diecast (diecast custom competition), kontes foto diecast, display diorama, dan seabrek acara diecaster lainnya. Semuanya telah disiapkan oleh penyelenggara demi memanjakan kaum pecinta diecast dan miniatur yang dipastikan datang dari seluruh penjuru Indonesia.

Meski IDE telah didaulat oleh para kolektor dan komunitas diecast tanah air sebagai forum silaturahmi tatap muka tahunan terbesar di negeri ini, acara ini bukan semata milik para diecaster. Masyarakat umum yang ingin mengetahui lebih banyak tentang diecast dari jenis tertentu atau merk tertentu, dapat menggali informasi seputar diecast dari kolektor dan komunitas yang menjadi peserta IDE 2017.  Dengan tiket seharga Rp. 40.000, pengunjung sudah terpuaskan dengan beragam konten menarik di IDE 2017.

Sebagai sebuah tradisi yang dilakukan sejak kali pertama, IDE juga akan mengumpulkan donasi dari kolektor, komunitas, dan panitia. Seluruh unsur pendukung IDE telah sepakat untuk senantiasa mendonasikan sebagian koleksinya untuk dilelang. Jumlah yang terkumpul akan disalurkan seluruhnya kepada yayasan yang telah ditunjuk oleh penyelenggara.

Dengan sederet nilai positif yang dimilikinya, rasanya tidak berlebihan bila Indonesia Diecast Expo 2018 menjadi wajib dikunjungi oleh siapa pun, apalagi mereka yang mengaku diecaster dan penggila miniatur. Sampai jumpa di the 5thIndonesia Diecast Expo 2018.

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)