Home Did You Know? LSD – 100% Halal Untuk Mobil

LSD – 100% Halal Untuk Mobil

Sabar…. LSD yang halal maksud kami adalah Limited Slip Differential. Piranti ini memiliki banyak kelebihan dibanding tipe Diffential standara. Jadi sebelum membahas lebih dalam LSD  ( Limited Slip Differential ) ada baiknya kita membahas Differential standart atau lebih sering di bilang di sini ‘gardan’. Fungsi dari Gardan adalah mentransfer tenaga Output dari mesin menjadi pergerakan terhadap mobil, jadi si Gardan ini berfungsi untuk menggerakan kedua roda hasil dari putaran mesin yang di transfer melalu Gearbox – kopel – lalu ke gardan. Alhasil mobil dapat bergerak.

Lalu apa bedanya LSD dengan Gardan standart? Perbedaanya adalah gardan standart atau (OPEN) cenderung memberikan kenyamanan dan kemudahan dalam mengendara karena kedua rodanya pun tidak selalu berputar satu arah ada kondisi-kondisi tertentu salah satu roda menjadi pivot point untuk melakukan tikungan dan Gardan open lebih mentransfer tenaganya ke salah satu roda yang sedang tidak terkena beban, misalkan salah satu roda sedang terangkat, terkena lubang, lumpur, atau becek  hasilnya hanya roda yang tidak bersentuhan dengan tanah yang berputar dan mobil pun tidak bisa bergerak dibutuhkan beban yang hampir sama kepada 2 roda untuk berputar seirama, sehingga Gardan standart tidak bisa memenuhi aktivitas extreme seperti offroad, balap, atau jalan-jalan extreme lainya.

LSD pun ada berbagai tipe ( visco, clutch pack ) untuk tipe Visco menggunakan tekanan oli untuk mengunci kedua roda untuk berputar bersamaan, jadi pada saat menginjak gas dan RPM tertentu barulah terkunci kedua roda, kekurangan dari Tipe Visco adalah konsistensi yang tidak terjaga jadi ada moment diamana tiba-tiba tekanan oli berkurang dan membuat roda tidak terkunci. Untuk tipe Clutch pack sudah pasti konsistensi yang selalu terjaga hingga plat LSD memang sudah habis ( seperti plat kopling) dan tipe clutch pack pun menjadi 3 bagian 1 way 1,5 way dan 2 way apa si yang membuat tipe ini berbeda mari kira bahas

1 Way.

Cara kerja yang paling mudah di pahami adalah tipe ini, Kenapa bernama 1 Way karena tipe ini hanya mengunci Pada saat akselesari, dan pada saat deselerasi ( angkat gas atau rem) tipe ini aka bekerja seperti Gardan open atau standart. Kenapa seperti itu? Karena tipe ini adalah basic dari performance parts tetapi masih memumpuni untuk kenyamanan harian juga, jadi pada saat akselesari tipe ini memberikan respon yang signifikan di banding gardan open, tetapi pada saat deselari tipe ini memberikan safety dan juga kenyamanan menghindari roda untuk berputar bersamaan yang akhirnya bisa membuat hilang kendali oversteer untu RWD, Understeer untuk FWD. Dan juga memberikan balance pada saat pengereman, cara kerja mekanismenya pun mudah pada saat akselerasi pinion shaft akan memberikan pressure ring tekanan seingga clutch pack tertekan, begitu deselerasi pinion shaft akan bergerak berlawanan membuat pressure ring tidak tertekan.

1.5 Way

Untuk cara kerja akselerasi sama seperti 1 way tetapi pada saat deselerasi terdapat sedikit tekanan pada pressure ring membuat kedua roda terkunci bergerak seirama tetapi persentasi nya tidak sebesar dengan akselerasi jadi masih ada sedikit faktor safety dan juga masih sedikit mempermudah dalam berkendara, tipe ini cocok untuk circuit racing karena akan membantu stabilitas pada saaat pengeraman dan juga engine brake tetapi masih memberikan respon yang di perlukan kedua roda.

2 Way

Ini adalah Pilihan ultimate dari setiap LSD sistem ini adalah mengunci kedua roda bergerak seirama pada saat akselerasi dan juga deselerasi ratio perbandingannya pun dapat diatur oleh plat-plat LSD yang di gunakan bisa 60:40 (akselerasi : deselrasi) tipe ini sangat di gemari untuk Rally dan jug Drifting karena dalam kondisi apapun memberikan respon yang sangat instan, tetapi penggunanya pun sangat tidak nyaman dibanding Gardan open, karena bila kita berbelok di kecepatan rendah atau saat akan memarkir mobil akan terasa sedikit getaran dan juga bunyi-bunyi ala mobil balap yang bisa dibilang sedikit menggaggu.

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)