Home Julian Johan Mari Berbicara Tentang Mobil Offroad Baru Julian Johan

Mari Berbicara Tentang Mobil Offroad Baru Julian Johan

Speed Offroad Indonesia pada tahun ini terlihat sudah bangkit kembali setelah beberapa tahun lalu sempat tidak terdengar gaung suaranya. Hal ini terlihat dari banyaknya event speed offroad yang akan, atau bahkan sudah dilaksanakan pada tahun 2014 ini. Dari event-event speed offroad yang sudah sempat berjalan, peminatnya sudah tidak bisa dibilang sedikit. Di setiap event peserta bisa mencapai lebih dari 140. Dilihat dari hal itu, dapat dikatakan bahwa antusias para pecinta adu kecepatan di lintasan tanah ini sudah cukup banyak.

Jeje Ironman Avatar 2 copy

Sampai akhirnya Julian Johan (Jeje) yang sudah nyemplung di speed offroad sejak tahun 2006 sudah mempersiapkan senjata baru untuk pertempuran di tahun 2014 ini.

 

LOGO JEJELOGY MERAH

Kali ini kita tidak akan membahas masalah prestasi Jeje maupun masalah wearpack Iron Man barunya ataupun logo brandingnya yang baru itu. Tapi kali ini kita bakal membahas masalah senjata barunya yang konon katanya lagi heboh dibicarakan di kalangan speed offroader. Syukurnya, Fastnlow lah yang dipercaya untuk mengulas habis mobil rahasia ini untuk pertama kalinya. *Big Smile*

SMN Speed offroad seri 2 2

Kalau disuruh me-ngoprek mobil 6 cylinder untuk dijadikan mobil offroad mungkin kebanyakan para offroader akan memilih menggunakan Jeep Cherokee XJ atau lebih sering disebut Cherokee kotak. Chasis kuat, mesin bandel, onderdil banyak, karena tahunnya sudah agak uzur harganya pun murah.

Julian Johan mobil baru 12

Tapi lain dengan anak pertama dari 3 bersaudara ini, dia lebih memilih Jeep Grand Cherokee (WJ) keluaran tahun 2000. Memang ini masih satu varian dengan Cherokee XJ, Tapi mobil ini lebih berat sekitar 200Kg, dan harga mobil ini lebih mahal karena lebih muda dari Cherokee XJ. Sehingga jarang para offroader berminat untuk me-ngoprek mobil ini. Jadi apa sih, yang dicari Jeje dengan Jeep SUV yang pada dasarnya di produksi untuk kenyamanan dan kemewahan ini?

Julian Johan mobil baru 15

Jeje berencana menampilkan sesuatu yang baru dalam ajang perlombaan speed offroad Indonesia. Jadi, nantinya Grand Cherokee ini akan di konsep sedemikian rupa agar sedikit berbeda dari konsep mobil offroad pada umumnya, atau bahkan belum pernah dilakukan di Indonesia. Penasaran??

Julian Johan mobil baru 11

 

Julian Johan mobil baru 10

Awal tahun lalu, Jeje akhirnya mendapatkan Grand Cherokee yang sesuai harapannya, Jeje tidak mau membuang waktu lagi, mengingat mobil ini harus segera siap diajak bertarung di event speed offroad di tanah Indonesia Raya ini. Langsung saja ia membawa mobil ini ke Herky, XC Trial untuk dibongkar habis interiornya dan dilakukan penghitungan ulang pada chasis dan men-setting ulang dudukan suspensi (reinforcement).

Julian Johan mobil baru 6

Mesin standarnya yang bebasis V8 langsung diturunkan dan digantikan dengan mesin Jeep XJ 6 cylinder sejajar. Sebetulnya mesin V8 standartnya itu sangat menggiurkan untuk diajak bertarung. Tetapi Jeje lebih memilih berkompetisi di group 6 cylinder yang pesertanya jauh lebih ramai.

Julian Johan mobil baru 3

Dengan masuknya mesin Jeep XJ, engine bay Grand Cherokee jadi terlihat sangat lowong. Apalagi mesin XJ ini masih harus mundur 15cm dari dudukan awal untuk memperoleh distribusi bobot mobil yang diharapkan.

Julian Johan mobil baru 13

Alasan dimundurkannya mesin, selain untuk distribusi bobot ternyata mesin XJ dengan perpaduan gear box CJ ini masih terlalu pendek untuk disambungkan dengan propeller shaft ke gardan belakang yang masih menggunakan bawaan WJ. Sehingga, memundurkan mesin adalah solusi paling tepat, tapi resikonya firewall harus rela dibobol agak besar agar gearbox CJ ini bisa tetap masuk. Tetapi walaupun bermesin XJ dengan gearbox CJ, Jeje masih mempertahankan pembagian tenaga menggunakan transfer case OEM WJ dengan alasan transfer case WJ dengan kode NV 247 sudah canggih dan pintar untuk membagi traksi disetiap rodanya.

Julian Johan mobil baru 16

Untuk meningkatkan keamanan dan rigidity, Herky menyarankan untuk memasang rollbar 12 titik dengan bentuk meniru konsep mobil rally WRC dan mobil speed offroad Internasional.

Julian Johan mobil baru 17

Agar bisa masuk dalam kelas C 6.1 (system suspensi standart), otomatis sistem suspensi masih menggunakan aslinya, hanya saja system link arm suspensi belakang yang tadinya masih menggunakan system ‘A’ arm yang hanya 3 titik harus dirubah dengan four link arm yang menggunakan 4 titik yang diharapkan menghasilkan stabilitas tinggi.

Julian Johan mobil baru 4

Belum lagi nantinya disetiap ban akan ditambahkan adaptor agar jarak antar ban lebih lebar yang pantulannya akan diredam ole Coil Spring dangan shock breaker Bypass Fox.

Julian Johan mobil baru 2

Karena mepetnya persiapan, Jeje akhirnya harus meminjam mesin XJ dari mobilnya yang terdahulu dengan kapasitas 4500cc standart. Ya sedikit rubahan di stang piston, kruk as, dan durasi cam yang ditinggikan menjadi 282. Sisanya masih standart bahkan ECU belum ditambah piggy back.

Julian Johan mobil baru 5

Tetapi nantinya Jeje berencana memasukkan mesin XJ kedalam engine bay Grand Cherokee dengan upgrade cc mencapai 4700cc, tentunya dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Dan semua itu akan diserah kan pada tiga pihak yang berwenang, antara lain Adhi Sardjan, XCtrial dan Memen Jeep Works.

Julian Johan mobil baru 1

Karena berat Grand Cherokee ini 200kg lebih berat dari versi Cherokee XJ, pintu, kap mesin, fender dan pintu bagasi semua diganti dengan bahan fiber. Bahkan seluruh kaca yang ada pun diganti dengan bahan acrylic setebal 3 mili.

fastnlow Jeje mobil baru

Dan nantinya, mobil ini bisa menjadi mobil yang mengunggulkan estetika sebuah mobil Jip yang eye catching selain mesin dan driver yang buas.

 

Penasaran?? Yuk kita lihat gimana jadinya mobil ini dipenampilan perdananya di ajang SMN X-Offroad seri 3 sikuit speed offroad BSB Semarang pada tanggal 9, 10, 11 Mei 2014 ini.

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)