Home Did You Know? Mari Berkenalan dengan Teknologi Water Printing

Mari Berkenalan dengan Teknologi Water Printing

www.adaptivegraphx.com

Teknologi Water Transfer Printing yang Kreatif

Water Transfer Printing atau dikenal juga dengan water immersion printing, hydro dipping, dan hydro imaging adalah proses dekorasi 3D yang dapat mencetak pada objek yang rumit. Proses water transfer printing banyak digunakan untuk menghias objek yang merupakan bagian dari segala macam kendaraan. Termasuk juga dashboard mobil dan barang-barang kecil seperti helm, sepeda atau bagian otomotif lainnya.

Film dapat ditempelkan pada semua jenis media termasuk plastik, fiberglass, kayu, keramik, dan logam. Yang terpenting adalah semua media tersebut dapat dicelupkan ke dalam air, sehingga proses water transfer printing dapat dilakukan.

Proses mencetak ini menggunakan film yang larut dalam air dan terdapat pola yang dicetak atau disebut pattern. Pola (pattern) ini larut dalam air dan hanya menyisakan tinta di permukaan air.  Sebelum mencelup objek ke dalam air, dicat terlebih dahulu dengan cat dasar. Setelah kering dan halus, warna cat dasar disesuaikan untuk mengontrol warna dari pola pattern. Contohnya adalah pola serat kayu akan menggunakan cat dasar berwarna coklat, sedangkan untuk pola kamuflase kebanyakan menggunakan cat dasar putih atau hitam.

Setelah cat dasar sudah melapisi objek, selanjutnya dicelupkan dalam air yang mengandung pola pattern. Kemudian cat dari pattern akan membungkus permukaan objek yang dicelupkan. Proses  selanjutnya adalah pencucian dan objek dicat dengan pelindung seperti clear agar tampak mengkilap.

www.dingword.com

www.dingword.com

Perlengkapan yang Dibutuhkan untuk Membuat Water Tranfer Printing

Ada beberapa kebutuhan yang perlu disediakan sebelum memulai proses water transfer printing. Berikut adalah perlengkapan yang harus dipersiapkan.

  • Pattern/gambar motif (bisa menggunakan motif abstrak).
  • Wadah/bak air sebagai tempat pencelupan. Wadah yang digunakan harus lebih besar dari objek yang akan dicelupkan.
  • Cairan activator (cat).
  • Kompresor dan spray gun atau semprotan nyamuk. Alat ini tidak dibutuhkan jika membuat motif abstrak.
  • Sarung tangan. Fungsinya agar tangan tidak melekat pada pattern.
  • Air secukupnya, untuk membilas pattern yang sudah melekat.
  • Cat clear atau finishing untuk melindungi pattern dan membuatnya terlihat lebih mengkilap.

Proses Pengerjaan Water Transfer Printing

www.youtube.com
www.youtube.com
  • Yang pertama: bersihkan dulu bagian objek yang akan diberi gambar. Setelahnya pastikan bagian tersebut kering dan benar-benar bersih. Pastikan juga permukaan yang akan diberi gambar sudah halus dan tidak kasar.
  • Sebaiknya objek yang akan diberi gambar memiliki warna dasar cerah jika gambar yang akan ditempel berwarna gelap. Begitu pula sebaliknya, warna dasar objek gelap jika warna gambar yang akan ditempel berwarna cerah atau putih.
  • Siapkan bak atau wadah yang ukurannya lebih besar dan dalam dari objek yang akan dicelupkan.
  • Masukkan air ke dalam wadah atau bak tersebut dengan suhu 25o – 32o Celsius.
  • Letakkan gambar pattern dengan hati-hati pada permukaan air.
  • Semprotkan cairan activator pada gambar pattern secara merata.
www.mrkustom.com
www.mrkustom.com
  • Setelah gambar menyatu dengan air dan terlihat mengembang, celupkan objek perlahan ke dalam gambar yang ada pada wadah atau bak dengan kemiringan 35 – 45 derajat.
www.youtube.com
www.youtube.com
  • Angkat objek dari wadah dan bersihkan dengan air, sehingga objek benar-benar bersih dan terasa kesat.
  • Keringkan objek tersebut dan beri cat pelapis atau clear.

Kualitas Water Transfer Printing

www.examiner.com
www.examiner.com

Ada beberapa hal yang harus diperhatian agar kualitas water transfer printing baik dan awet.

Perhatikan kualitas bahan yang akan digunakan. Kualitas bahan akan sangat mempengaruhi hasil pengerjaan water transfer printing. Yang paling utama adalah kualitas film dan pigmen. Teknik ini akan memberikan pewarnaan yang permanen, maka hasil pengerjaan akan tampak dalam waktu yang cukup lama. Efek pewarnaan sangat tergantung dari kualitas film dan cat celup. Hitung juga lebar film karena sangat berpengaruh terhadap pemakaian dan biaya.

Apabila activator hanya sebagai pelarut maka harga pasaran rata-rata tidak ada yang di atas $20 sampai $90 termasuk ongkos kirim. Oleh sebab itu, activator menjadi faktor utama kedua penentu hasil proses water transfer printing setelah film.

Perlakuan bahan sebelum proses. Media yang akan diproses harus benar-benar bersih meskipun ada beberapa tahapan tambahan sebelum proses pewarnaan.

Cukup rumit tapi hasilnya sebanding..

BANK BJB B16 AP SPEED | ISSOM 2018 1ST ROUND - SENTUL INTERNATIONAL CIRCUIT