Home Did You Know? Mau Bikin Cat Mobil Awet? Ketahui 5 Cara Mudah Ini

Mau Bikin Cat Mobil Awet? Ketahui 5 Cara Mudah Ini

www.wikihow.com

Mobil adalah kendaraan roda empat yang menjadi kebanggaan pemiliknya. Semakin berkembangnya otomotif maka makin banyak pula variasi dan cara mempercantik mobil kesayangan. Umumnya orang akan melakukan perawatan tampilan mobil di salon mobil yang memang khusus mengerjakan aksesoris mobil. Mendandani mobil termasuk juga dengan mengecat body mobil sesuai dengan selera dan kepribadian pemiliknya.

Tampilan luar mobil yang melambangkan kepribadian pemilik menjadikan bagian ini perlu mendapat perhatian khusus. Biasanya para pecinta otomotif akan mengganti cat mobil jika dirasa warna asli cat mobil sudah tidak berkilau lagi. Sebagian orang mengecat mobilnya dengan motif dan gambar tertentu agar tampak menarik dan berbeda dengan yang lain. Tentunya pengecatan ulang ini membutuhkan waktu lama dan biaya yang tidak sedikit. Jadi perlu perawatan yang intens agar cat tersebut tidak pudar dan tergores.

Sayangnya, masih banyak pengguna mobil yang masih kurang paham cara merawat bagian yang satu ini. Menjaga tampilan body tetap mulus dengan menjaga cat tetap bersih, berkilap dan awet akan membuat tunggangan Anda tampak istimewa dan mengundang decak kagum setiap orang yang melihatnya. Untuk itu kami akan membagikan beberapa tips untuk merawat cat mobil agar awet.

Penasaran apa saja sih tipsnya? Mari kita lihat mulai dari yang pertama.

www.str-ucture.com
www.str-ucture.com

1. Hindari Terlalu Lama “Menjemur” Mobil

Cara pertama yang harus dilakukan adalah menghindarkan mobil dari sinar UV atau sinar matahari langsung yang berlebihan. Sebisa mungkin cari tempat parkir yang teduh, apabila berencana untuk parkir dalam waktu yang lama. Namun, jika tidak menemukan tempat teduh untuk memarkirkan kendaraan bisa gunakan sarung mobil untuk menutupi seluruh body mobil.

www.chemicalguys.com
www.chemicalguys.com

2. Gunakan Produk Perawatan yang Tepat

Gunakan sabun atau sampo khusus ketika mencuci mobil, sebab sampo mobil sudah memiliki kadar yang disesuaikan agar tidak merusak cat. Hindari penggunaan deterjen dan sabun colek untuk membersihkan mobil karena akan mengakibatkan body mobil menjadi tipis dan kasar. Sudah banyak yang membuktikan mencuci mobil dengan deterjen dan sabun colek akan berdampak pada warna cat mobil menjadi tidak merata dan tidak tampak ‘kinclong’.

www.youtube.com
www.youtube.com

3. Pengelapan yang Benar

Membersihkan mobil dengan kain lap harus memperhatikan body. Apabila body mobil kering maka harus disiram lebih dulu. Mengelap mobil dalam keadaan kering justru akan membuat cat menjadi buram dan meninggalkan bekas goresan kecil pada cat. Sebab partikel debu dan kerikil yang tidak nampak dan menempel pada body mobil dapat menyebabkan goresan di cat mobil. Perlu memberi pelumas khusus body mobil saat pengelapan dan tidak mengelap dengan cara mengulangi bagian yang sudah bersih. Lakukan pengelapan dengan teknik memutar searah jarum jam atau memutar dari kiri ke kanan.

mmautodetailing.com
mmautodetailing.com

4. Bahan Pengelap yang Tepat

Bersihkan bagian luar mobil dengan kain halus. Biasanya sudah tersedia kain khusus untuk mengelap mobil seperti kanebo dan chamois. Apabila tidak memiliki kain Chamois Otolovers bisa gunakan lain asal teksturnya halus dan lembut. Ketika membersihkan body mobil dengan kain, pastikan jika kain tersebut dalam keadaan benar-benar bersih. Sebab jika terdapat sedikit noda saja pada kain lap akan mengakibatkan bekas-bekas noda menempel dan membuat warna cat terlihat tidak cemerlang.

watchdog.org
watchdog.org

5. Cuci Mobil Secara Teratur

Mencuci mobil secara teratur. Penyucian secara teratur bertujuan untuk mencegah kotoran menempel terlalu lama karena dapat mengurangi kilau cat mobil. Mencuci mobil tidak harus setiap hari, paling tidak lakukan seminggu sekali pada musim kemarau dan dua atau tiga kali sehari pada musim hujan.

Ketika mobil terkena guyuran air hujan, jangan biarkan hingga mongering, tapi siram dengan air bersih dan keringkan atau bisa dicuci. Sebabnya adalah air hujan mengandung asam yang tinggi, sehingga jika dibiarkan akan menyebabkan cat mobil menjadi pudar.

Satu lagi cara untuk menjaga tampilan cat tetap berkilau adalah dengan menyimpan mobil dalam ruangan atau ditutup sarung mobil ketika malam hari. Sebab embun malam yang menempel pada body mobil dapat memudarkan cat dan mengurangi ketahanan body mobil. Jika dibiarkan terus menerus maka mengakibatkan body mobil mengalami retak-retak kecil.

Demikian tips merawat cat mobil agar awet dan tahan lama. Merawat mobil akan terasa ringan jika sudah terbiasa. Terutama jika mobil yang dirawat adalah mobil kesayangan yang sengaja didandani untuk mempercantik tampilan mobil dan membuat bangga yang mengendarainya.

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)