Home Did You Know? Mau Cari Mobil? Pahami 5 Hal ini Dahulu

Mau Cari Mobil? Pahami 5 Hal ini Dahulu

http://indonesiautosblog.com/

Seringnya liat mobil keluaran baru bersliweran di jalan sering bikin orang-orang kepingin memilikinya. Baik bagi yang sudah punya mobil atau yang sedang akan membeli. Kalau Cuma liat sekilas, memang benar rasa penasaran dan pengen memilikinya gede. Tapi jangan sampai nggak selektif dalam pemilihan, bisa berakibat fatal soalnya.

Makanya ada baiknya kamu pahami dulu 5 hal yang setidaknya harus dipikirkan saat (akan) beli mobil.

Pilih merk: merk mempengaruhi purna jual dan kualitas service kendaraan

car logos

Branding memang berperan besar dalam persebaran mobil, khususnya di Indonesia sendiri. Kalau memang tujuannya punya mobil yang bisa awet dan nggak rewel, pilihlah merk yang benar-benar terpercaya dan terbukti.

Meskipun ‘agak’ naik sedikit dari perkiraan biaya, tapi ke-agak-an itu bisa membantu dalam jangka waktu yang lama. Misalnya kamu ngotot beli yang harganya miring tapi bisa jadi untuk perawatannya sendiri dia lebih merepotkan.

Kalau buat mobil ‘abadi’ sih mungkin nggak masalah mau pilih merk yang tidak terlalu hits, tapi jika kamu mau menjual kembali harap pikirkan lagi deh. Mobil di pasaran sekarang udah banyak, banget malah. Hal yang mempengaruhi purna jual salah satunya ya karena branding itu tadi, mobil yang berkualitas akan lebih memuaskan layanan purna jualnya dibandingkan merk yang kurang diminati.

Pilih ukuran atau jenis kendaraan: misalnya SUV atau MPV

cara Memilih mobil terbaik fastnlow 4

Pemilihan ukuran dan jenis kendaraan juga nggak kalah penting dari merk. Dari semua merk yang ada, tipe dan besarnya pun bervariasi menyesuaikan kebutuhan msing-masing orang. Jadi sebelum deal beli mobilnya, ada baiknya kamu hitung dulu jumlah keluarga.

Selanjutnya nih, ada yang masih bingung nggak sama SUV dan MPV? Jadi SUV adalah Sport Utility Vehicle, maksudnya? Tipe ini merupakan perpaduan antara sedan dan mobil jeep gitu. Kalau untuk MPV sendiri adalah Multi Purpose Vehicle, apa itu? Mobil jenis ini punya daya angkut yang banyak, bisa dibilang mobil keluarga gitu.

Nah pasti udah punya gambaran dong mobil apa saja yang masuk dua kategori itu. Setelah menentukan yang paling cocok dengan jumlah keluarga, mungkin kenyamanan juga bisa kamu bandingkan antara dua tipe diatas. Kalau untuk daerah kota dan sekitarnya MPV bisa jadi pilihan. Sedangkan buat yang suka travelling ke alam, bisa pilih SUV.

Konsumsi bahan bakar (walaupun ada yang nggak masalah irit atau borosnya)

cara Memilih mobil terbaik fastnlow 5

“Mau cari mobil yang seperti apa, Pak, Bu, Mbak?” pasti pertanyaan itu yang pertama kita dengar waktu masuk ke dealer dan lihat-lihat mobil. Kebanyakan (walaupun nggak semua) ‘yang irit bahan bakar’ pasti masuk ke daftar pertanyaan yang ditanyakan ke mbak-mbak marketingnya.

Yah hal tersebut wajar-wajar saja kok mengingat sekarang harga bahan bakar naik dan biarpun orang punya duit banyak tetap saja meminimalisir uang adalah keharusan. Nah kalau gitu mengetahui besaran cc mobil merupakan keharusan nih sebelum keduluan sreg sama modelnya.

Untuk yang pengen bisa irit bahan bakar, ada baiknya pilih mobil LCGC. Apa itu?? Kepanjangannya adalah Low Cost Green Car, nah sekarang banyakk diproduksi mobil jenis ini yang maksudnya supaya ramah lingkungan dan irit bahan bakar. Selain itu ketahui besarnya cc mobil, karena semakin besar maka daya yang dibutuhkan lebih besar dan bbm semakin banyak yang diperlukan.

Sesuaikan dengan budget

Ada baiknya juga kamu perkirakan jumlah uang yang untuk membeli mobil. Jadi jangan sampai ke dealernya, sudah lihat sana-sini dan menemukan yang pas tapi uangnya nggak mendukung. Mungkin kamu bisa cari referensi dulu sebelum lihat mobilnya secara langsung.

Kalau budget kurang mencukupi, pilih mobil second juga nggak salah. Intinya kan nggak kehujanan dan kepanasan, jadi mulai dari yang terjangkau dulu adalah pilihan yang bijak.

Ijin istri

cara Memilih mobil terbaik fastnlow 6

Buat yang masih sendiri sih nggak masalah mau beli mobil yang model apa dengan harga berapa, asal mampu. Nah buat yang sudah berkeluarga ada baiknya diskusikan terlebih dahulu sama istrinya. Walaupun suami yang beli mobil, kan istri juga ikut merasakan.

Eh tapi ini juga masalah serius lho. Dampak persetujuan istri itu sangat berpengaruh untuk kenyamanan berkendara juga. Kalau istri setuju dan senang dengan pilihan mobil, perjalanan bisa aman dan tentram.

Nggak percaya? Coba deh ajakin istri survei mobil sebelum beli. Setelah itu berikan opsi mobil SUV double cabin, nah kemungkinan kontra bisa sangat terjadi (walaupun ada juga istri yang mendukung). Sebenernya bukan masalah double cabinnya sih, tapi mengenai keadilan pembagian uang yang akan dikeluarkan. Ya kalau mahal-mahal nanti jatah bulanan bisa terpengaruh, atau setidaknya jumlah jatah tetap tapi mobil juga bagus itu lebih adil.

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)