Home Did You Know? Mau Jadi Drifter? Seberapa Dalam Kantong yang Harus Dirogoh?

Mau Jadi Drifter? Seberapa Dalam Kantong yang Harus Dirogoh?

Akhir akhir ini drift kembali terangkat, dimana beberapa saat lagi bakal ada event drift nasional yang dilanjutkan dengan drift Internasional. Dan dari adanya itu semua pihak yang berhubungan dengan event tersebut ikut sibuk semua, termasuk sibuk mempersiapkan kendaraan drift maupun membangun mobil drift.

Berbicara masalah persiapan dan membangun mobil drift, saya (Demas Agil) ingin mencoba sedikit sharing tentang seberapa besar budget yang harus dikeluarkan untuk membangun sebuah mobil drift.

Namun sebelumnya, saya akan sedikit memberikan sedikit pandangan (tentunya dari sudut pandang saya) tentang balapan di Indonesia.

Bengkel demas agil IMG_6673* copy

Ada beberapa wacana untuk membuat “balapan murah”, tapi menurut saya yang mahal atau murah itu relatif, tapi sepengalaman saya sejak pertama kali terjun di dunia balap yang namanya balapan itu TIDAK ADA yang murah. Kenapa saya bisa bilang seperti itu karena pada kenyataannya UANG = SPEC. Disana “money talks”, ya memang seperti itu kenyataannya dan itu hal yang harus diterima dalam membangun sebuah mobil untuk ikut suatu kompetisi balapan apapun balapannya.

Memang bisa dalam sebuah event kita mengambil regulasi untuk spesifikasi terminim yang dimana menggunakan budget paling murah, namun perlu di ingat untuk bisa fight tentunya akan sangat berat, apalagi jika dalam sebuah kejuaraan yang diikuti tidak mempunyai batasan yang jelas maka tentunya kesenjangan spec akan sangat jelas terjadi. (Nah..masalah regulasi juga perlu diperhatikan).

Ok, di balik itu semua mari kita perhitungkan apa saja ubahan yang perlu dilakukan yang akhirnya nominal uang akan otomatis mengikuti.

Drift++ Total, Proton, GTradial keyoran 46

Untuk yang pertama mari kita lihat untuk kelas driftstar dimana menurut saya, yang menjadi salah satu yang wajib adalah penggantian rem tangan dengan sistem hidrolik. Karena Hand brake adalah salah satu hal paling penting dalam drifting oleh karena itu hidrolik rem tangan menurut saya adalah hal wajib.

Fastnlow, K18 engineering, Jureq, adhi sardjan, drift, Indonesia, otomotif, GT Radial

Kemudian selanjutnya adalah las gardan. Langsung menggunakan LSD juga enggak apa-apa, tapi kalau dirasa LSD mahal las gardan ini bisa menjadi alternatif pengganti LSD.

Setelah itu kita harus melihat apakah seluruh kondisi suspensi mobil masih bagus atau tidak, seperti shock breaker lalu karet bushing kemudian steering rack dan sebagainya harus dalam kondisi baik.

Bengkel demas agil IMG_6638* copy

Untuk sektor mesin saya lebih melihat budget pemilik mobil punya budget berapa, dari situ akan dilihat juga kondisi mobilnya dan akan kita cari solusi mana yang paling cocok ubahannya dengan melihat budget dan kondisi mobil.

demas agil 6

Untuk kisaran budget rem tangan hidrolik dan las gardan kurang lebih sekitar 7jt, kemudian untuk penyegaran kaki-kaki dilihat dari kondisi, part yang harus diganti dan jenis mobil. Untuk rollcage sendiri yang paling murah untuk kelas driftstar dengan bahan seamless Cina kisaran harga +- di 9jt. Kemudian untuk bagian mesin, alangkah baiknya kelas driftstar juga sudah mengaplikasikan swap engine supaya bisa lebih bersaing untuk juara.

demas agil 9

Swap engine sendiri nominalnya tergantung dengan mesin apa yang digunakan. Sebagai gambaran kisaran harga untuk swap engine 2jz tahap awal adalah 80jtan, sedangkan untuk 1uz lebih murah diangka kisaran 60jtan.

Itu baru untuk kelas Driftstar, sekarang kita naik spek ke tingkatan driver yang sudah naik ke kelas Rookie dan Pro yang disana akan bertemu dengan lawan-lawan yang jauh lebih gila. Dan akan cukup gila juga apabila kita hanya mengandalkan skill tanpa adanya peningkatan performa dalam mobil.

dug dug drift BSI Square drift Indonesian Drift Community GT Radial Kratingdaeng Total Oil Indonesia Prestone demas

Mobil pro dan rookie adalah kelas dimana seluruh ubahan diperbolehkan, oleh karena itu kita melihat dipembahasan awal dimana UANG = SPEC. Sebagai gambaran saja untuk membuat mobil kelas pro seperti mobil 200sx seperti milik saya (diluar chassis) kurang lebih sudah menghabiskan sekitar 450-500jt, untuk chassis silvia sendiri saat ini harganya berkisar 150jtan.

 

Kenapa bisa begitu jauh harganya dengan spec Driftstar karena tentu saja barang yang dipakai berbeda dengan driftstar, contoh untuk penggunaan LSD sendiri harganya sudah berkisar 15-20jtan yang digantikan dengan las gardan di driftstar dimana kurang lebih hanya 10% dari harga LSD.

Bengkel Idek wahyu lamban roll bar drag race safety keamanan balapan fuji xm1 x-m1 4

Kemudian rollcage untuk driftstar bisa dengan harga 9jt dengan bahan seamless Cina, tapi untuk mobil pro jika ingin dengan bahan terbaik bisa sampai 40jtan dengan bahan seamless yang lebih kuat dan ringan dimana harga bisa 4x sampai 5x lebih mahal dari pada rollcage seamless Cina.

demas agil 4

Nah itu adalah gambaran sebagian besarnya, masih banyak hal yang harus mengeluarkan uang lagi, seperti fuel pump, selang high pressure, NOS dll. Semoga dengan penjelasan saya diatas dapat berguna bagi masyarakat umum khususnya pecinta drift dan calon drifter Indonesia.

dug dug drift BSI Square drift Indonesian Drift Community GT Radial Kratingdaeng Total Oil Indonesia Prestone demas 1

Sedikit tips untuk para calon drifter. Mulailah dari bawah, tapi jangan dari bawah banget. Lalu ingatlah bahwa ada uang ada barang, kalau mau bagus jangan berharap murah, kalau mau murah jangan berharap bagus, dan carilah mentor yang cocok karna tanpa mentor nantinya sama saja dengan membuang waktu dan buang biaya.

Ingin tahu lebih dalam tentang drift, silahkan saja main-main ke bengkel saya. Dem’s Auto Technic Jl. Anugerah Raya no.46, Jatiwaringin. Jakarta.

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)