Home Did You Know? Mau Ngdrift? Simak 5 mobil yang Berpotensi Jadi Mobil Drift di Indonesia

Mau Ngdrift? Simak 5 mobil yang Berpotensi Jadi Mobil Drift di Indonesia

Gimana kemarin setelah nonton langsung balap drift di Achilles Motorsport Festival putaran pertama? Jadi pengen bikin mobil drift kan? Jangan sedih, kita bakal bantuin bagi kalian pilihin kendaraan yang cocok buat di oprek dengan budget yang minim. Terus kira-kira apa mobil murah yang berpotensi di jadikan mobil drift, berikut saran-saran dari Jureq.
1988-nissan-cefiro-SSR-gartmaier
Nissan Cefiro
Cefiro, basic nya di Indonesia secara umum, mesin 2000cc 6 cylinder 130hp, 1360kg sudah menjadi mobil yang menjamur dikalangan anak drift Indonesia, terlebih untuk pemula. Di Bandung ada lautan Nissan Cefiro klo sudah terkumpul. cefiro dengan modal las gardan saja, sudah bisa drifting, angle steer cukup besar, tidak hanya itu saja, kelebihan cefiro masih banyak, mobil bercode S chassis A  ini, bisa mengadopsi kaki-kaki maupun mesin dari nissan Silvia S13, S14, S15, dan nissan skyline R32, R33, R34. sehingga pilihan parts maupun body parts bisa convert ke bentuk manapun. kelebihan ini sangat2 memudahkan drifter memodifikasinya.
klo dari segi kelemahannya…. hmm …. sepertinya susah membedakan mobil kawan-kawan ini klo sedang berkumpul. hahahahaha….
E36 fastnlow
BMW E36
Nah ini mobil favorit anak masa kini juga, basicnya secara umum kita bisa sulit membedakannya dari segi mesin, kenapa? variannya dari seri 3 di indonesia ini ada 316i, 318i, 320i, 323i, 325i (jarang bgt), 328i (apalagi) dan seri 3 lagi yang gak ada habisnya klo disebutin beserta tipenya. yang membedakannya hanya mesin, dan beberapa sektor kaki-kaki, body juga klo 2 pintu juga beda model. nah klo buat drifting gue musti pilih yang mana, gue pengen yang gak banyak ubahan klo mau mulai. oke silahkan pilih 323i M52B25, 170hp, 1350kg varian ini banyak dijumpai berkeliaran di indonesia, modal las gardan juga tinggal gas, selebihnya modifikasi juga tergantung dompet.
kelemahannya? cukup sulit untuk menemukan mobil bekas yang kondisi standar atau utuh, kebanyakan sulit mendapatkan yang mint condition, dan harga relatif mahal untuk mendapat kondisi yang bagus bisa 85jt atau lebih.
Jureq, Build E30, Indonesia keren, toyota Cressida
Toyota Cressida
nah ini nih awal2 mobil yang ramai di gunakan drift awal2 2010 berbarengan nissan cefiro, mobil terkenal dengan ke bapak-bapakan nya ini juga menjadi tren saat itu, walau basic mesin 1G-E 105hp ,1280kg si Alrizki marino bisa membuatnya bermain main di film Ngepot Yuk, dia membuktikan drift with underpowered car, masih bisa bermain2 dan dia membuktikannya
kelemahannya untuk mencari body yang gak karatan cukup sulit, karena kebanyakn sudah di kampakan, dan radius putar steer sedikit, sehingga harus memodifikasinya agar bisa dapet angle steer yang besar
E30_4door_black
BMW E30
mobil mas boy, yang terkenal di film catatan si Boy dengan 318i nya menjadi seri varian terbanyak di indonesia, seri 316i, 320i, 323i, 325i jarang sekali ditemukan. jadi klo menjadi pilihan hanya 318i M40B18 113hp, 1200kg cukup pas-pasan sebenernya untuk drifting, namun klo bisa memodifikasinya dengan benar bisa kok drift panjang namun modifikasi cukup banyak pada sektor mesin. namun kebanyakan pemakai sudah swap dengan M20B25 atau M50/52B25
kelemahannya, susah nyari mobil yang kondisi mint, kebanyakan sudah kropos disektor body, jadi harus teliti memilih kondisi yang bagus.
corolla DX
Corolla DX
mobil yang terkenal di kalangan anak retro ini, juga menjadi favorit karena modelnya disukai, basic mesin K ini kebanyakan sudah diswap dengan 4AGE, namun ada juga memasukan mesin 3SGTE namun jarang. bobot body hanya 950kg bisa bayangin enaknya klo 120hp aja bisa bermain-main.
kelemahanya sama seperti bmw e30, kita sulit untuk mencarinya yang bagus dengan harga yang cocok, karena kebanyakan DX harganya gelap, suka-suka yang jual, laku syukur, ga laku yaudah. hmmm…..
Kontributor: Adhi ‘Jureq’ Sardjan
INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)