Home Did You Know? Mau Tau Kiat Merawat Mobil Tanpa ke Bengkel?

Mau Tau Kiat Merawat Mobil Tanpa ke Bengkel?

blog.truecar.com

Bagi pemilik mobil, bisa melaju kemana aja dengan kondisi mobil yang lancar dan sehat pastinya adalah hal yang diinginkan, bahkan sangat. Untuk yang rajin dan tertib melakukan perawatan, tentunya hal itu nggak jadi masalah. Sedangkan buat yang males dan ogah-ogahan, ya paling jadi rajin ke bengkel tapi karena mobilnya rewel.

Sebenarnya ada beberapa cara atau kiat yang bisa dilakukan buat kalian yang punya mobil dan pingin bisa nyaman dan tanpa masalah. Perawatan yang dilakukan nggak ribet kok dan bisa jadi kebiasaan yang bagus, bisa irit uang dan jadi tambah peka sama keadaan mobil.

Ada baiknya juga perawatan tetap dilangsungkan kalau mobil udah lama dimiiki, jadi jangan cuma karena konidis yang baru masih saying-sayang dan diperhatiin. Untuk itu, buat kalian yang penasaran atau mau tau kayak apa sih macam perawatannya, yuk simak beberapa langkah dibawah ini.

thegreenblog.net
thegreenblog.net
  • Bahan Bakar

Hal yang satu ini penting, karena apa? Karena penggunaan atau pemilihan bakar bakar utamanya didasarkan pada fungsi dan kapasitas mesin mobil, jadi bukan pada budget aja ya.

Nah, bahan bakar yang beroktan tinggi pun belum tentu menjamin kekuatan mesin bisa jadi maksimal atau baik permormanya. Maka itu gunakan bahan bakar sesuai tipe mobil yang kalian miliki, coba cek terlebih dahulu di buku petunjuk pembelian kan biasanya ada keterangannya. Misalnya di buku dinyatakan ‘premium’, gunakanlah bahan bakar itu sekalian bisa irit kan?

www.centralcontracts.com
www.centralcontracts.com
  • Mesin

Selain ada bahan bakar sebagai sumber tenaga, ada yang nggak kalah penting nih yaitu mesin. Perlakuan yang perlu kalian lakukan yaitu, ganti sabuk mesin setiap 25 ribu mil. Dan juga pastikan belt ini dalam keadaan baik karena bagian inilah yang pertama kali menghadapi keadaan ekstrem di luar ruangan.

Nggak kalah penting juga, periksa level oli dan cairan mesin. Tiap mesin punya perbedaan letak cairan mesinnya, tapi lagi-lagi, baca buku petunjuk itu penting banget, bahkan disitu juga dijelaskan dimana letak sumbernya.

www.chester-tyres.co.uk
www.chester-tyres.co.uk
  • Ban

Bagian ini juga nggak boleh ketinggalan, dalam pergantian ban ada beberapa hal yang bisa jadi pertimbangan kapan waktu yang tepat menggantinya. Perhatikan keadaan ban seperti; kedalaman alur ban, permukaan, retakan samping ban, dan benjolan. Untuk alur dan permukaan maksudnya, kalau alurnya udah terkikis dan nggak jelas atau permukaannya udah rata dan gundul,  itu tanda-tanda harus diganti.

Ditambah lagi, jangan lupa bersihkan bagian yang terkena brake dust, kenapa? Karena di bagian inilah terdapat banyak kotoran dari aspal atau tanah yang kalau nggak diperhatikan bisa menumpuk, dan mengakibatkan kebocoran pada ban karena pasir-pasir atau aspal tadi bisa masuk ke lapisan ban terluar.

Selain itu, kalau dibiarkan terlalu lama, kombinasi panas dan lembab dari rem dapat memanggang bagian tersebut.

Nah, tambahan lagi nih untuk mengecek tekanan ban secara berkala, bisa dilakukan seminggu sekali. Ingat juga bagi pengendara mobil, jangan membiarkan ban dengan keadaan gundul dan menggunakannya di jalanan, karena bisa sangat berbahaya bagi si pengemudi dan parahnya pengendara lainnya juga.

myimagecollection.net
myimagecollection.net
  • Elektrikal

Kalau yang berhubungan dengan kelistrikan, pertama-tama jangan lupa memutuskan aliran aki. Pada bagian ini penting juga untuk dibersihkan, karena kadang ada benda-benda yang menempel dan mengganggu sistem serta hubungan elektrik.

Terkadang ada masalah pada kelistrikan/ setrum yang disebabkan karena sekring tiba-tiba mati. Nah, untuk berjaga-jaga, kalian bisa sedia sekring cadangan dan lakukan pengecekan pusat sekring yang ada di kap mobil depan dan bawah dashboard, dengan menggunakan tespen. Kalau tespen nggak nyala, maka sekring tersebut udah putus dan harus segera diganti.

www.aliexpress.com
www.aliexpress.com
  • Lampu

Adanya pencahayaan atau lampu nggak cuma penting untuk berkendara di malam hari lho. Lampu di dalam mobil kan ada banyak, mulai dari lampu sein, lampu jauh-dekat, dan lampu rem. Kalau salah satunya mati bisa gawat, contohnya lampu sein yang mati bisa mengakibatkan pengendara di belakang mobil kamu kaget kalau ternyata kamu mau belok, dari hal yang nggak diketahui ini bisa mengakibatkan kecelakaan.

Yang kedua, kalau lampu rem mati juga bisa bahaya, misal kalian lagi ngerem dan nggak mendadak, eh tapi kendaraan belakang kaget karena nggak ada lampu rem mati.

Tanda-tanda yang bisa diketahui kalau lampu sein akan mati, gelagatnya bisa dilihat dari kedipnya yang tiba-tiba lebih cepat dari biasanya. Kalau gejala seperti itu muncul, kemungkinan ada lampu yang pecah di dalam dan segeralah ke toko otomotif atau perlengkapan mobil (yang paling dekat aja tapi ya nanti keburu mati kalau jauh).

freeimagescollection.com
freeimagescollection.com

Selain itu, kalau mau mengganti sendiri, keadaaan tangan harus kering dan jangan menyentuh bagian kaca ya. Kenapa? Karena nanti akan timbul bekas-bekas yang kurang enak dipandang disebabkan minyak atau lemak tangan kalian membekas di kaca. Bagian ini akan bereaksi dengan halogen yang terdapat di dalam bohlam dan akibatnya, bohlam bisa pecah ketika mesin dinyalakan.

tlmotors.com
tlmotors.com
  • Warning Lights

Pada bagian dalam atau interior mobil pun juga harus dicek dan diperhatikan. Pada bagian ini khususnya warning lights yang ada di dashboard. Walaupun nggak terlalu mempengaruhi keadaan mobil waktu jalan, tapi lampu pada indikator bensin, bisa lebih memudahkan kalian dalam perawatan.

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)