Home Issue Cars Mazda Bikin Heboh Tokyo Motor Show 2017

Mazda Bikin Heboh Tokyo Motor Show 2017

Berbagai brand otomotif Jepang berlomba menampilkan mobil konsepnya pada ajang Tokyo Motor Show 2017. Dan konsep hatchback menjadi bintang utama Mazda Motor Company untuk meramaikan Tokyo Motor Show 2017, yang diperkenalkan dengan nama Mazda Kai Concept, mengusung konsep desain dan teknologi baru Mazda masa depan.

Mazda Kai Concept mengusung konsep desain KODO – Soul of Motion yang mampu membuat tampilan hatchback 5-pintu ini tampak stylish. Meski diprediksi akan menjadi generasi baru Mazda3, versi produksi mobil konsep ini diyakini akan lebih agresif.

Mazda Kai Concept ini berdimensi 4.420 x 1.855 x 1375 mm untuk Panjang x Lebar x Tinggi. Wheelbase-nya sangat panjang untuk ukuran seekor hatchback, yaitu 2.750 mm. Itu artinya mobil ini makin aerodinamis dibanding Mazda3 yang ada sekarang, karena keseluruhan body-nya lebih rendah 7,5 cm, lebih lebar 6 cm dan lebih pendek 16 cm.

Pada mobil konsep ini, Mazda mencoba memadukan grille berukuran besar yang menyatu dengan lampu depan dan splitter. Tampilan depan Mazda Kai ini tidak seribet mobil-mobil masa kini yang penuh aksen krom atau grill yang rumit seperti Honda Civic atau konsep Dynamic-Shield milik Mitsubishi. Dengan tampilan yang simpel, Mazda mampu menyajikan desain yang modern dan sangat menawan.

Desain yang menarik dari Mazda ini adalah kesan berotot kekar pada fender roda depan dan belakang. Tanpa garis yang jelas seperti pada mobil-mobil dari brand lain, otot kekar itu meliuk pada bagian samping hingga ke belakang. Menyajikan pemandangan indah seolah mampu melibas hambatan dengan kecepatannya. Hal yang tampak tidak lazim adalah di bagian atapnya, yaitu double sun-roof di sisi kiri dan kanan.

Di bagian belakang, bentuknya tak kalah menggoda. Desain bokongnya sangat aerodinamis dan mengecilkan friksi udara. Menariknya, lampu belakangnya mengingatkan kita pada konsep Mazda RX-Vision, yaitu strip lampu LED yang membelah dua elemen bulat pada setiap lampunya. Antara dua pipa kenalpot yang kembar, kita akan menemukan rongga yang ditengahnya ada strip vertical untuk pencahayaan, segaris dengan strip yang mirip pada bagian spoiler. Jadi terdapat 4 strip lampu tipis yang seperti menyala saat pengereman.

Meski memiliki desain eksterior yang sangat unik, desain interior mobil konsep ini tampil sangat sederhana. Mazda menyematkan lingkar kemudi three-spoke dan instrument cluster tradisional. Namun, fitur entertainment pada mobil konsep ini tampil sangat modern. Fitur entertainment tersebut hadir dalam bentuk sebuah panel khusus yang terintegrasi dengan dashboard. Tampilan tersebut diyakini tidak akan mengganggu pengemudi dan penumpang ketika tidak mengaktifkan fitur entertainment.

Mazda Kai Concept ini dibangun dengan filosofi New SkyActiv-Vehicle Architecture yang diklaim meningkatkan rigiditas dibanding mobil-mobil Mazda yang ada sekarang. Mazda juga mengatakan bahwa jantung mobil ini menggunakan mesin SkyActiv-X yang merupakan petrol engine pertama menggunakan compression ignition. Yaitu spark controlled compression ignition (SPCCI) sebagai metode pembakarannya, sehingga menghasilkan performa dan efisiensi bahan bakar yang lebih baik.

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)