Home Issue Cars Mencermati Kembali Tunggangan Paul Walker, Porsche Carrera GT

Mencermati Kembali Tunggangan Paul Walker, Porsche Carrera GT

Apakah anda masih ingat dengan tabrakan maut yang menewaskan Paul Walker beberapa minggu yang lalu? Kabarnya, dilansir di beberapa media online, tabrakan tersebut mematikan karena menggunakan mobil yang dianggap sangat berbahaya. CNN menyatakan bahwa Porsche Carrera GT, mobil yang menewaskan Paul Walker, memiliki tenaga yang setara dengan 600 tenaga kuda. Mobil dengan tenaga sebesar itu sangatlah susah dikendalikan bahkan oleh pembalap profesional sekalipun.

Walter Rohrl, penguji mobil professional, menyatakan bahwa ia merasa takut saat mencoba mengendarai Porsche Carrera GT untuk pertama kalinya. “I came back into the pits and I was white,” (Saya kembali setelah mencoba dan saya pucat) ungkap Rohl mengekspresikan ketakutannya. Komentar juga datang dari sesama pemilik Porsche CGT 2005, Peter Ludwig. Ia menyatakan bahwa mobil ini sangat sensitive terhadap kondisi jalan.

Fakta tersebut membuat kita bertanya, sebenarnya apa yang membedakan Porsche CGT dengan mobil sport lainnya hingga dapat dinobatkan sebagai mobil yang sangat berbahaya. CNN dalam artikel onlinenya menyatakan ada beberapa alasan mobil ini dianggap berbahaya dan perlu mendapatkan perhatian khusus.

1. Tenaga yang Besar

CGT4

Porsche CGT memiliki kecepatan maksimal sebesar 208 mph dengan mesin V10 dan berkekuatan 600 tenaga kuda. Disebutkan juga bahwa ketika mengendarai Porsche CGT 2005 dengan kecepatan tinggi, mobil akan sedikit melayang. Eddie Alterman, Editor di Chief Car and Driver, mengatakan bahwa pada awalnya mobil ini memang dirancang untuk menjadi mobil balap. “Ini bukan mobil untuk pemula!” tegas Eddie Alterman,

Di lain pihak, Todd Trimble, mekanik mobil eksotis di Las Vegas mengungkapkan, Carrera GT termasuk mobil yang sangat sulit dikemudikan. “Carrera GT murni seperti mobil balap. Anda perlu benar-benar tahu karakternya sebelum mengemudikan. Banyak orang yang khusus mempelajari untuk bisa menaklukan mobil ini,” ujar Todd.

2. Mesin Berada di TengahCGT2

Memiliki tipe mesin yang letaknya di tengah mobil, memiliki kecenderungan lebih cepat berakselerasi dibanding mesin yang berada di depan atau belakang.

“Jika tidak dikendalikan dengan benar, bisa berubah arah dengan cepat karena sensitif, dan benar-benar seperti mobil balap. Carrera GT lebih dari supercar tapi hypercar,” beber Alterman.

3. Tanpa Kontrol Stabilitas

Berbeda dengan supercar lain, Carrera GT tidak dilengkapi dengan kontrol stabilitas. Murni seperti mobil balap, dan tidak ada ampun ketika melakukan kesalahan, mobil langsung sulit dikendalikan.

4. Langka dan Banyaknya Catatan Kecelakaan

Hanya diproduksi 1.270 unit di seluruh dunia dan laku cepat. “Mobil tersebut memang jarang ditemukan dan makin langka. Terlebih banyak catatan kecelakaan yang terjadi pada model tersebut,” urai Todd, mekanik mobil eksotis di Las Vegas.

 

Source:

http://www.insideedition.com/entertainment/7423-porsche-carrera-gt-called-most-dangerous-car

http://otomotif.kompas.com/read/2013/12/05/10746/5.Faktor.yang.Membuat.Porsche.Carrera.GT.Berbeda

http://tech.slashdot.org/story/13/12/03/1330226/is-the-porsche-carrera-gt-too-dangerous

http://edition.cnn.com/2013/12/03/us/paul-walker-crash-car/

BANK BJB B16 AP SPEED | ISSOM 2018 1ST ROUND - SENTUL INTERNATIONAL CIRCUIT