Connect with us

Subscribe

Did You Know?

Mengapa Sway Bar Seringkali Dicopot Dari Kendaraan 4×4?

Pada artikel sebelumnya kita membahas “Prinsip Kerja Sway Bar dan Pengaruhnya”, di situ dikatakan bahwa sway bar bertugas untuk mempertajam kinerja kendaraan dengan mengurangi body-roll, meningkatkan cengkeraman pada roda dan kontrol di jalur on-road. Tentu saja, kalau kalian ingin main speed, kendaraan wajib dilengkapi dengan sway bar. Tinggal bergantung pada seberapa tebal atau tipis jenis sway bar kendaraan anda, dimana akan sangat berpengaruh terhadap understeer dan oversteer.

Mencopot atau menon-aktifkan (disconnect) sway bar dari kendaraan bukanlah sesuatu yang baru bagi pengendara 4 wheel drive yang doyan offroad, ini sudah menjadi hal lazim. Tetapi, katakanlah bagi pemilik muscle car, ide mencopot sway bar dari kendaraan mungkin terdengar gila.

Lantas, jika memang sway bar mampu mengurangi body-roll, kenapa pengendara 4WD melepas atau menon-aktifkan sway bar dari kendaraannya?

Perlu ditegaskan bahwa dalam hal ini hanya berkaitan dengan 4WD, tidak ada alasan sama sekali mengapa anda perlu mencopot sway bar dari mobil on-road anda. Bagi pengendara 4WD, sway bar sengaja dicopot atau disconnect saat berkendara dengan kecepatan rendah di jalur offroad.

Sway bar dirancang untuk memastikan roda kendaaran tidak mengalami pergerakan yang terlalu jauh — ke atas atau ke bawah secara independen terhadap roda yang berlawanan. Tetapi ketika anda mengendarai di jalur offroad dan medan yang berat, tentu saja anda ingin roda 4×4 anda dapat melakukan travel roda sejauh mungkin secara independen dari sisi lain untuk mempertahankan kontak ke permukaan tanah, yang artinya anda akan mendapatkan lebih banyak traksi. Disitulah tujuannya mengapa sway bar perlu dicopot atau di non-aktifkan.

Sementara sway bar aftermarket banyak pilihan, tak semua merk kendaraan 4×4 dibekali dengan fitur ‘sway bar disconnect’ pabrikan, sebut saja Jeep Wrangler Rubicon. Yaps, fitur ini merupakan sway bar elektrik yang diaktifkan melalui tombol di dashboard dan hanya dapat disconnect pada 4-high atau 4-low.

Setelah anda menekan tombol untuk disconnect sway bar, lampu indikator di dashboard akan berkedip. Motor elektrik akan bekerja melalui mekanikal untuk memisahkan dua sway bar, setelah lampu indikator padam, anda siap melaju.

Foto berikut adalah Wrangler Rubicon model lama, mencopot sway bar dapat memberikan lebih banyak travel roda ketimbang saat anda menggunakannya di jalur aspal.

 

Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan

Comments

Gimana Sih Cara Kerja AC Mobil?

Did You Know?

Penjelasan Lengkap Mengenai Apa Itu Biodiesel

Did You Know?

Jangan Sembarangan Dengan Minyak Rem, Ini Resikonya

Did You Know?

Awal Sejarah Peraturan Lalu Lintas Terbentuk

Did You Know?

Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan

Copyright © 2018 Fastnlow.net. Theme by Fastnlow, powered by PT. OTOMEDIA NUSANTARA.

Connect
Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan