Home Issue Cars Mengemudikan Nissan GTR Dengan Stik PS4

Mengemudikan Nissan GTR Dengan Stik PS4

World-first PlayStation®-controlled Nissan GT-R achieves 130+mph run around Silverstone

Kalau disuruh memilih, kalian lebih tertarik bermain mobil R/C (remote control) atau game balap super-realistis seperti Gran Turismo? Bagaimana kalau kedua hal tersebut ternyata bisa dikombinasikan, sehingga kalian dapat mengendalikan mobil RC yang terasa realistis, begitu realistisnya sampai-sampai yang digunakan ternyata adalah mobil asli?

Itulah yang baru saja dilakukan oleh salah satu pabrikan asal Jepang yaitu, Nissan. Dalam rangka menyambut perilisan Gran Turismo Sport dan merayakan 20 tahun partisipasinya dalam game tersebut, Nissan menciptakan mobil balap yang dapat dikendalikan sepenuhnya menggunakan controller DualShock 4 milik PlayStation. Terobosan dari Nissan ini sekaligus perkenalan Gran Turismo Sport yang siap diluncurkan pada 17 Oktober di Amerika, di Amerika dan Australia pada 18 Oktober dan Jepang pada 19 Oktober.

Mobil yang dimaksud adalah Nissan GT-R, yang telah dimodifikasi dan dijejali sederet robot, komputer dan sensor, hingga pada akhirnya bisa dikemudikan dari jauh. Nissan tak lupa menyematkan nama yang sangat pas untuk mobil istimewa ini, yakni Nissan GT-R /C – sebuah permainan kata-kata yang sangat menarik dan cerdas kalau menurut saya secara pribadi.

Sesosok pria yang sangat beruntung dapat mengendalikan GT-R /C adalah Jann Mardenborough, yang tidak lain merupakan salah satu pebalap atau gamer andalan Nismo yang lulusan dari Gran Turismo Academy. Bertempat di sirkuit Silverstone, Jann Mengitari sirkuit Silverstone, catatan waktunya diperoleh 1:17,47 detik dengan rata-rata kecepatan 122 km/jam dan kecepatan tertinggi diraih 211 km/jam. Sedangkan Jann Mardenborough memantau laju GT-R/C dari kokpit helikopter.

Dengan total ada empat robot di dalam kabin GT-R /C yang bertugas mengoperasikan setir, transmisi, pedal gas dan rem. Di bagian belakangnya, tertanam enam komputer yang memberikan update kontrol hingga 100 kali per detiknya.

Controller DualShock 4 yang digunakan sendiri sama sekali tidak dimodifikasi. Controller hanya tersambung ke sebuah micro-computer yang menerjemahkan input kontrol dan meneruskannya sistem bawaan GT-R /C. Wireless mampu dioperasikan dengan jarak sejauh satu kilometer. Nissan tidak lupa memasangkan sensor Racelogic VBOX Motorsport yang bertugas meneruskan data kecepatan mobil ke sebuah layar di kokpit helikopter.

Beralih ke sektor keamanan, Nissan menambatkan dua sistem pengaman terpisah yang beroperasi di frekuensi radio yang berbeda. Sistem ini ditujukan supaya dua operator ekstra dapat mengaktifkan rem dan mematikan mesin mobil andai kata Jann kehilangan kendali.

Penasaran?? Silahkan kalian tonton sendiri video aksi Nissan GT-R /C  di bawah ini,

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)