Home Did You Know? Mengenal 3 Komponen Penting Electric Power Steering

Mengenal 3 Komponen Penting Electric Power Steering

nexteer.com

Setelah membahas tentang Electric Power Steering (EPS) di artikel sebelumnya, pada artikel kali ini akan membahas tentang komponen apa saja yang terdapat pada EPS sehingga power steering dapat bekerja dengan baik. Nah berikut ini adalah komponen yang terdapat pada electric power steering dan fungsinya sehingga power steering dapat berjalan dengan semestinya.

cvel.clemson.edu
cvel.clemson.edu

Electronic Control Unit (ECU)

Pada sistem power steering memang menggunakan ECU tersendiri untuk menjalankan sistem power steering, meski ECU yang digunakan berbeda dengan ECU mesin tetapi ECU power steering ini masih berhubungan erat.  Ecu pada power steering berfungsi untuk menghitung gaya bantu yang diperlukan berdasarkan sinyal torsi dari sensor torsi berdasarkan kecepatan kendaraan.

Sensor Torsi

Komponen ini bertugas untuk mendeteksi gaya steering yang akan diberikan ketika roda diputar ke kiri atau ke kanan yang kemudian pengaktifan motor EPS diaktifkan oleh ecu setelah menerima sinyal dari sensor torsi yang kemudian mengubah gaya menjadi sinyal elektrik.

Motor Power Steering

Motor power steering berfungsi untuk membantu memenuhi tenaga yang dibutuhkan ketika stir diputar ke kanan ataupun ke kiri yang diaktifkan berkat arus listrik yang dihasilkan dari ECU power steering.

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)