Connect with us

Subscribe

Cars

Mengenal AMMDes – Mobil Pedesaan Seharga 70 jutaan

AMMDes kepanjangan dari Alat Mekanis Multiguna Perdesaan yang ditujukan demi memenuhi segmen transportasi pedesaan, memang memiliki tampilan ‘sederhana’. Tentunya memiliki banyak tujuan yang salah satunya penyesuaian harga agar bisa bersaing dengan mobil Grandong. Namun AMMDes telah mengadopsi fitur andalan yakni Differential Lock hingga PTO yang sangat dibutuhkan di medan pedesaan.


Eksterior AMMDes
Dengan banderol 70 juta rupiah, tampilan mobil memang sangat jauh dari unsur kesan mewah. Apalagi masalah aerodinamis tapi mobil ini digunakan hanya untuk di pedesaan saja. Atau hanya menjadi alat ‘feeder’ belaka saja. Walau kedepannya, sangat mungkin masuk ke jalan raya karena masih proses panjang dengan dinas terkait.

Mobil ini hanya menggunakan kaca pada bagian depan dan belakang saja, sementara plastik plus terpal menjadi penutup bagian pintu. Jadi untuk membuka jendela tinggal digulung, ala mobil offroad. Untuk handle pintu pun cukup keras ketika dibuka, begitu pula suaranya.

Body mobil secara keseluruhan memang masih tidak mulus, namun kesan kekuatan terlihat jelas melalui balutan warna merah – putih dan hitam. Secara data spesifikasi, kendaraan garapan perusahaan patungan PT. Astra Otoparts dan PT. Kiat Inovasi Indonesia ini memiliki dimensi panjang, lebar, tinggi masing-masing ialah 3.640 mm, 2.016 mm, 2.000 mm. Ground clearance berukuran 192 mm dengan axis wheel 1.910 mm.

Sasis bagian belakang dari AMMDes dibiarkan terbuka yang bertujuan agar dapat dipasangkan berbagai alat pendukung kegiatan ekonomi perdesaan. Beban total yang dapat diangkut dari AMMDes mencapai 700kg. Hingga kini ada 10 varian untuk 10 aplikasi mulai dari pompa irigasi, generator, sampai mesin penjernih air.

Interior AMMDes
Jangan betharap ada konsul hiburan pada mobil pedesaaan ini, pada dashboard hanya terdapat meter cluster kecil berbentuk bundar berada di tengah dasboard. Piranti tersebut hanya berisikan speedometer analog dan satu layar digital kecil. Kabin mobil hanya bisa digunakan untuk dua orang saja, jok dengan busa tipis berlapis kulit berwarna hitam. Namun dimensi kabin cukup leluasa untuk penumpang.

Mesin AMMDes
AMMDes mengandalkan mesin diesel satu silinder 650 cc mampu menghasilkan tenaga 14hp di 3.000 rpm dengan transmisi tiga percepatan. Untuk kecepatan maksimal hanya 30 km/jam. Urusan pengereman kendaraan dengan radius putar 4,2 m dipercayakan pada rem cakram hidrolik bagian depan maupun belakang.

Dengan sistem penggerak roda belakang (RWD) dan dilengkapi Differential Lock layaknya mobil-mobil off-road kekinian. Fitur ini berfungsi sebagai pengunci roda belakang sehingga dapat bergerak secara bersamaan untuk menambah traksi saat melintasi medan off-road dan berbukit. Sementara suspensi depan menggunakan Double Arm, sedangkan suspensi belakangnya Tralling Arm.
Power Take-Off (PTO) adalah splined driveshaft yang biasanya digunakan pada traktor atau truk. Kemampuannya untuk memberikan kekuatan untuk lampiran atau mesin yang terpisah. Hal ini dirancang untuk dapat dengan mudah terhubung dan terputus. PTO memungkinkan alat untuk menarik energi dari mesin traktor.

Dengan beragam hal ini membuat AMMDes dapat diaplikasikan untuk pertanian, perkebunan, perikanan, kesehatan, sampai untuk kendaraan tanggap darurat bencana.

Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan

Comments

Ini Alasan Mengapa Toyota Membuat Merek Lexus

Did You Know?

KTCI Bekasi Raya – Berbagai Tips ‘Touring Dengan Hewan Peliharaan’

Did You Know?

6 Hal yang Wajib Diketahui Sebelum Memodifikasi 4X4

Did You Know?

Para Wanita Bernyali Besar Penggilas Aspal

Did You Know?

Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan

Copyright © 2018 Fastnlow.net. Theme by Fastnlow, powered by PT. OTOMEDIA NUSANTARA.

Connect
Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan