Home Special News Garage Mengenal Dynometer

Mengenal Dynometer

mustangdyne.com

Dalam dunia balap mobil atau motor, uji coba kemampuan mesin seperti bagian wajib yang dilalui untuk memastikan proses modifikasi atau sekedar setting telah berhasil. Istilahnya Dyno test atau uji performa mesin mobil sehingga dapat mengetahui berapa Torsi (Torque) dan Horsepower yang dihasilkan. Namun untuk memperoleh hasil pengujian tersebut, piranti Dynometer sangat dibutuhkan karena dapat memberikan hasil secara detail.

Lalu sebenarnya apa Dynometer itu? Dynometer merupakan sebuah alat yang digunakan untuk mengukur tenaga atau daya dan gaya puntir (Torsi) yang dikeluarkan atau dihasilkan dari suatu mesin kendaraan bermotor. Dynometer dapat mengukur sekaligus menghitung kinerja mesin secara simultan torsi dan rotasi per menit.Dyno rubicon cropDengan demikian, Dynometer dapat digunakan untuk menganalisa Torsi hingga Horsepower dari sebuah mesin mobil dalam RPM (Revolutions Per Minute). Kemampuan Torsi dan Horsepower (HP) pada umumnya dianggap sangat penting bagi mobil yang akan mengikuti balapan karena sang tuner dapat mengetahui seluruh kemampuan dari piranti pada mobil.

Tetapi sebenarnya, siapapun pemilik kendaraan dapat memperoleh manfaat besar dalam menggunakan Dynometer karena dapat mengetahui titik tertinggi dari Torsi dan horsepower pada setiap gigi. Jadi para pengendara dapat menentukan titik perpindahan gigi pada RPM tertentu

Hal tersebut dapat diketahui dengan mudah karena Dynometer dapat memberikan info perbandingan air/fuel (A/F) ratio pada setiap RPM dan posisi pedal gas tertentu serta pada beban (Load) tertentu. Selain itu, melalui bantuan tuner yang berpengalaman maka bisa langsung melakukan pengaturan sehingga memperbaiki kinerja mesin sesuai dengan karakter tekanan udara, suhu maupun karakter jalan.

Pada dasarnya Dynamometer terbagi dalam dua jenis, Engine Dynometer dan Chasis Dynometer  dengan pengertian adalah

Engine Dynamometer

Engine Dynometer digunakan untuk mengetahui Torsi dan Horsepower pada mesin (flywheel). Dynometer akan terhubung pada kruk as (Crankshaft). Dengan Engine Dynometer maka dapat memberikan informasi tenaga yang dihasilkan pada mesin kendaraan yang akan lebih besar sekitar 40% dibandingkan hasil Dyno pada roda (on wheel).

Chasis Dynamometer

Sesuai artinya Dynomometer akan dilakukan mesin yang masih terpasangkan pada mobil atau kendaraan. Dynometer ini biasanya akan terhubung ke transfer case, Transmisi dan axle differential sehingga akan terbagi Dynometer On-Axle dan On-Wheel.

youtube.com
youtube.com

Axle Dynometer merupakan mesin Dyno yang akan terhubung pada As roda mobil untuk mendapatkan informasi Torsi dan Horsepower. Terkadang mesin uji ini dikategorikan dalam on wheel dyno tetapi sebenarnya  bukan karena velg plus ban tidak terpasangkan.

mustangdyne.com
mustangdyne.com

– On-Wheel Chasis Dynometer dianggap menjadi mesin dyno yang paling ‘jujur’ karena pengetestan dilakukan pada roda sehingga seperti mobil yang berjalan. Mobil secara utuh akan diuji di atas ‘roller’ yang terhubung pada mesin dyno untuk mengetahui info Torsi dan Horsepower. Bahkan tipe Dyno ini dapat diatur dengan karakter jalan, elevasi hingga fitur lainnya.

dss-garage3Saat ini cukup banyak mesin dyno yang ada di Indonesia sehingga mudah disewa untuk mengetahui informasi dari Torsi dan Horsepower mobil anda. Tetapi hanya di DSS Garage dengan Mustang Dyno yang diizinkan membawa tuner pribadi yang bersertifikasi.

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)