Home Issue Cars Mengenal Electric Power Steering dan Cara Kerjanya

Mengenal Electric Power Steering dan Cara Kerjanya

slideshare.net

Sedikit mengulas kembali tentang power steering yang telah dijelaskan pada artikel sebelumnya, power steering merupakan sebuah mekanisme yang menghasilkan tenaga dan digunakan untuk membantu pengoperasian kemudi yang bertujuan untuk menambah rasa nyaman karena efek ringan sehingga lebih membutuhkan sedikit tenaga untuk membelokkan roda.

Nah, untuk kali ini Electric Power Steering (EPS) akan menjadi bahasan utama. EPS merupakan sebuah sistem yang menghasilkan tenaga kemudian digunakan untuk meringankan stir mobil ketika roda akan dibelokkan. Tenaga yang dihasilkan oleh power steering berasal dari motor dc yang dipasangkan pada steering column dan dikendalikan oleh Electronic Control Unit (ECU) yang menerima informasi dari beberapa sensor yang berhubungan dengan EPS. Untuk lebih jelasnya diagram dibawah ini adalah alur kerja daripada power steering EPS pada mobil.

cvel.clemson.edu
cvel.clemson.edu

Pada power steering jenis EPS, ECU merupakan komponen yang sangat penting untuk mengatur EPS. Tugas ECU adalah menampung informasi dari beberapa sensor kemudian memerintahkan motor dc untuk bekerja menghasilkan tenaga untuk memutar stir.

Power steering jenis EPS juga dilengkapi oleh fitur fail safe yang bertujuan untuk memutuskan semua arus dan memindah mode menjadi pengendalian manual yang akan berfungsi secara otomatis ketika EPS mengalami kegagalan sistem. Jika hal itu terjadi maka indikator mengenai power steering yang terdapat pada dasbor mobil tentu akan menyala dengan sendirinya.

gageslakeautorepair.com
gageslakeautorepair.com

Berikut adalah beberapa masalah yang kerap muncul penyebab menyalanya lampu indikator power steering:

Tidak berfungsinya sensor tenaga (torsi)

Overheating pada motor dc

Motor dc konsleting

Kelebihan arus pada motor dc

EPS ECU mengalami masalah

Engine speed control dan vehicle speed control tidak berfungsi

Tidak terdapat arus yang masuk ke dalam sistem EPS

Nahh, apabila lampu indikator power steering pada dasbor menyala, alangkah baiknya segera membawa mobil kesayanganmu ke bengkel resmi sob. Pasalnya, untuk mendeteksi kerusakan EPS harus menggunakan alat Intelegent Tester yang kebanyakan hanya dimiliki oleh bengkel resmi sob.

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)