Connect with us

Subscribe

Did You Know?

Mengenal Fungsi Klep Pada Mesin Mobil

Bagi kalian mungkin mempelajari komponen – komponen mobil itu pasti sangat lah malas. Karena sudah ribet dan part-nya tuh ada banyak. Tapi terkadang ada enaknya, apabila kita mengetahui setidaknya dasarnya saja. Kita bisa terhindar tuh dari para oknum bengkel – bengkel nakal yang biasanya meraup keuntungan dari customer yang tidak begitu paham. Nah pada kali ini saya ingin membahas apa itu fungi dari klep, pasti beberapa tidak ada yang mengerti kan. Dari pada basa – basi yuk disimak pembahasannya dibawah ini.

Fungsi utama klep pada mesin 4 tak itu layaknya sebuah pintu untuk memisahkan dua ruang yakni ruang bakar dan udara luar. Hal ini dikarenakan proses pemasukan material pada mesin 4 tak itu berlangsung dari intake langsung ke ruang bakar. Sementara pada mesin 2 tak, proses pemasukan akan terlebih dahulu memenuhi crankshaft sebelum masuk ke ruang bakar.

Dari udara luar masuk ke crankshaft pun tidak ada klep-nya melainkan memanfaatkan dinding piston untuk buka tutup chanel. Kalau pada mesin 4 tak, dinding silinder itu rapat atau tidak ada chanel intake seperti mesin 2 tak. Chanel intake dan exhaust terletak pada kepala silinder yang dipisahkan oleh klep. Jadi fungsi utama klep adalah sebagai pintu antara ruang bakar dengan udara luar.

Jika dibahas lebih spesifik lagi maka ada dua fungsi klep yaitu:

  • Memasukan material pembakaran (campuran udara + bahan bakar) yang sudah tersedia di intake manifold ke ruang bakar
  • Mangeluarkan gas sisa pembakaran dari ruang bakar menuju exhaust manifold

Namun untuk menjalankan dua fungsi diatas, tidak bisa dilakukan oleh satu klep. Sehingga pada mesin 4 tak minimal ada 2 klep, yakni satu untuk klep in dan satu lagi untuk klep out.

Bentuk klep itu seperti batang katup sebagai penggerak klep dan ada daun klep sebagai penutup chanel. Namun diarea sisi daun klep terdapat permukaan gesek, permukaan gesek inilah yang menentukan klep bocor atau tidak. Karena kalau permukaan gesek tidak rata menempel ke dudukan klep, maka ada celah udara untuk keluar sehingga bisa dibilang klep bocor.

Oleh sebab itu ada istilah sekir klep yang tujuannya untuk membuat permukaan gesek benar-benar klop menempel pada dudukan klep supaya tidak ada celah sekecilpun. Ketika posisi klep ditukar, meski masih satu mesin maka perlu dilakukan sekir ulang. Hal itu karena kerataan permukaan gesek tiap katup itu berbeda, meski perbedaanya sangat kecil hal itu cukup membuat bocor kompresi mesin.

Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan

Comments

Pilihan Aki Tepat Dengan Optima

Did You Know?

Tips Agar Mobil Anda Menjadi Lebih Irit

Did You Know?

Tips dan Trik Mencuci Mobil Sendiri

Did You Know?

Arti Kode JWL , JWL-T, JWL-R dan VIA Pada Velg

Did You Know?

Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan

Copyright © 2018 Fastnlow.net. Theme by Fastnlow, powered by PT. OTOMEDIA NUSANTARA.

Connect
Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan