Home Did You Know? Mengenal Fungsi Teknologi Run Flat Tire

Mengenal Fungsi Teknologi Run Flat Tire

Dari sekian banyak pabrikan ban besar di dunia, mereka selalu memberikan innovasi tiada henti mengenai produk produk terbarunya guna meningkatkan kenyamanan penggunanya. Sebab mereka tahu bahwa kecelakaan bisa terjadi di jalan raya sebagian besar disebabkan oleh ban dan sisanya adalah kesalahan dari si pengemudi. Dan teknologi ban yang terkenal baru-baru ini adalah run flat technology atau disingkat dengan RTF.

Apakah itu Teknologi RFT ?

RFT ini adalah kependekan dari Run Flat Tyre yang diaplikasikan kedalam sebuah kontruksi ban. Ban jengan type ini dapat tetap berjalan dengan aman walaupun ban sudah kempis alias nol udara dengan kecepatan tertentu. Berbeda dengan ban ban model lama atau konvensional dimana ketika ban telah kehabisan tekanan udara maka ban akan langsung terkoyak dan hancur jika dipaksakan berjalan.

Tentu dengan teknologi ini bila ada penggunanya yang mengalami ban kempis secara mendadak tetap bisa memakai ban mereka sembari mencari tukang tambal ban terdekat. Bahkan mereka pun mengklaim bahwa ban yang dalam keadaan tanpa udara bisa dipakai sejauh 80km dengan kecepatan 80km/jam kebawah.

Safety

Ban berteknologi run flat tire ini juga tidak akan meledak bila dipakai pada kecepatan tinggi sekalipun, sehingga pengemudi dapat mengemudikan mobil kesayangan sampai pada lokasi yang aman, misal saja kejadian perampokan menggunakan modus ban kempes menggunakan paku khusus yang membuat ban tubeless sekalipun langsung kempes dibuatnya.

Dengan begitu anda akan terhindar dari aksi aksi seperti ini. Selain itu pengemudi juga tidak perlu lagi mengganti ban di tepi jalan raya dengan resiko ditabrak pengemudi lain yang kemungkinan tidak melihat anda sedang melakukan perbaikan. Cukup kendarai mobil anda dan mencari tukang tambal ban terdekat.

Segi Kenyamanan

 

Karena sifat ban run flat ini bisa dipakai walau tanpa udara dengan jarak tempuh 80 km an, membuat kita tidak lagi membutuhkan ban cadangan yang tentu saja bobot kendaraan menjadi lebih berkurang dan alhasil konsumsi bahan bakar kendaraan menjadi berkurang.

Cara Kerja RFT?

Dengan menambah ketebalan pada bagian dinding ban, disinilah teknologi run flat dapat bekerja. Dimana ban tetap dapat berfungsi seperti biasanya walaupun tekanan udara didalamnya nol alias habis.

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)