Home Did You Know? Mengenal Fungsi Wiper

Mengenal Fungsi Wiper

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Wiper adalah salah satu piranti yang digunakan untuk membersihkan kaca sehingga kaca bisa bersih dan memaksimalkan jarang pandang pengendara. Wiper berfungsi membersihkan kotoran yang berada di kaca baik air hujan ataupun kotoran lainnya. Wiper terpasang di depan dan belakang mobil memiliki bagian yang berfungsi sedemikian rupa sehingga wiper dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Berikut adalah beberapa bagian dari wiper.

https://belajar.kemdikbud.go.id/file_storage/modul_online/MO_19/Image/accu70.jpg
https://belajar.kemdikbud.go.id/file_storage/modul_online/MO_19/Image/accu70.jpg

Baterai Accu merupakan sumber energi untuk wiper mobil agar bisa bergerak dan membersihkan kaca mobil sehingga baterai accu ini sangat penting. Pada saat kondisi mesin mobil dalam kondisi mati, maka wiper mobil pun tidak dapat menyala karena tidak adanya daya untuk menggerakkan.

http://www.indotechmall.com/fusecar.htm
http://www.indotechmall.com/fusecar.htm

Sekring adalah piranti yang berfungsi untuk mengatur arus yang berasal dari accu, dengan bertuuan arus yang didapat sesuai dengan kebutuhan wiper sehingga wiper dapat berjalan dengan baik.

http://www.afc-gump.com/image/Fit/Wiper-sw.jpg
http://www.afc-gump.com/image/Fit/Wiper-sw.jpg

Saklar yang berfungsi untuk memutus dan menghubungkan arus dari accu. Jadi jika arus dapat terhubung maka wiper akan berjalan, dan jika arus diputus maka wiper akan terhenti.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA
http://www.mmvehicles.com/Windshield-Wiper-Motor-and-Arm-Assembly.html

Motor pada wiper yang merubah energy listrik dari accu menjadi energy gerak. Pada umumnya gerakan yang tercipta adalah memutar. Perubahan energy terjadi pada lilitan coil pada motor wiper ini.

Tuas wiper yang merubah energy putar yang berasal dari motor wiper menjadi energy gerak untuk wiper sehingga wiper dapat bergerak sesuai dengan engsel dan wiper berfungsi sebagaimana mestinya.

mengenal-fungsi-wiper-amekanisme
http://ww2.justanswer.com/uploads/s420/2009-12-23_030031_03_Explorer_Windshield_wiper..jpg

Lengan wiper yang terdiri dari arm head, retainer, arm piece dimana komponen tersebut mempunyai fungsi masing-masing seperti pengunci pada wiper shaft, menahan blade, sebagai dudukan blade dan retainer.

Wiper blade, fungsi dari wiper blade itu sendiri adalah membersihkan secara langsung bagian dari permukaan kaca mobil.

Kurang lebih seperti itulah behind the scene dari wiper yang berada di mobil anda, lakukanlah pengecekan secara berkala mengenai wiper mobil anda karena fungsi wiper tidaklah sedikit dikala menemani perjalanan anda.

Keep safety driving bro…

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)