Home Did You Know? Mengenal Rem ABS

Mengenal Rem ABS

Istilah ABS yang biasanya terdapat pada rem kendaraan mungkin sudah akrab di telinga Anda. Namun, apakah Anda tahu apa itu rem ABS? Bagi sebagian orang yang mengerti dan mendalami dunia otomotif, khususnya dalam hal mekanik kendaraan, mereka pasti sudah paham. Untuk Anda yang hanya menggunakan kendaraan untuk kegiatan sehari-hari atau ingin tahu lebih dalam, berikut penjelasan mengenai rem yang banyak digunakan kendaraan bermotor ini.

Mengenal Rem ABS 2

ABS sendiri merupakan singkatan dari Anti-lock Brake System. Seperti namanya, rem ini tidak akan membuat roda mobil atau motor Anda terkunci saat Anda mengerem. Kondisi ini sering terjadi saat Anda mengerem secara mendadak. Bila roda terkunci, maka kemungkinan untuk terjadi selip bahkan terpentang dan terguling akan lebih besar. Tentunya, kondisi ini berbahaya untuk pengemudi.

Rem ABS memungkinkan Anda dapat mengendalikan mobil pada saat mengerem mendadak. Anda masih dapat menghindari benturan dengan cara ini.

Sistem ini bekerja dengan mendeteksi apakah salah satu atau lebih dari roda dimana rem ini terpasang berada dalam keadaan terkunci. Bila sistem ini mendeteksi hal ini terjadi, maka secara otomatis, sistem ini akan mengurangi atau mengendurkan rem yang mengunci roda tersebut. Sistem ini bekerja dengan menggunakan sistem hidraulis untuk mengurangi tekanan rem ini.

Keuntungan dari rem ABS tentunya sudah jelas, Anda dapat meminimalkan terjadinya tabrakan. Pada kendaraan yang tidak menggunakan rem ABS, pada saat meluncur dengan kecepatan tinggi dan melakuan pengereman mendadak, mobil akan terus meluncur karena adanya tenaga dari saat melaju.

Bila mobil melaju pada kondisi lurus, maka mobil akan terus melaju lurus. Namun, bila kondisi ini terjadi saat Anda berbelok, maka mobil akan terguling.

Mengenal Rem ABS 3

Pada mobil dengan rem ABS, Anda tidak akan menemukan kejadian diatas. Roda masih tetap berputar sehingga gesekan dengan jalan terbilang sangat sedikit. Anda masih dapat bermanuver pada kondisi ini dan tentunya menghindari terjadinya kecelakaan.
Saat ini, sebagian besar mobil dan motor sudah menggunakan rem jenis ini. Dapat dikatakan rem jenis ini sudah menjadi standar otomotif saat ini.

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)