Home Did You Know? Mengisi Ban dengan Gas Nitrogen Bagi Pemula

Mengisi Ban dengan Gas Nitrogen Bagi Pemula

Mengetahui manfaat gas nitrogen yang banyak bagi kendaraan anda, pasti anda tertarik untuk mulai mengisi ban kendaraan anda dengan gas nitrogen. Selain daya tahan tekanan udara di ban yang lebih lama, peforma kendaraan yang lebih baik, dan kendaraan juga akan hemat bahan bakar karena tekanan yang tepat bisa mengurangi kinerja mesin, pengisian ban dengan gas nitrogen bisa menghindarkan ban kendaraan dari resiko meledak oleh karena pemuaian akibat dari kenaikan suhu, membuat karet ban lebih awet elastisitasnya, serta mengurangi resiko karat pada logam-logam di ban.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat akan memulai mengisi ban dengan gas nitrogen murni. Pertama adalah memilih bengkel yang tepat untuk melakukan pengisian. Pastikan bengkel yang dipilih adalah bengkel yang bisa dipercaya.

Kedua, bila sebelumnya ban itu belum pernah diisi dengan gas nitrogen, maka ban harus dikempeskan hingga udaranya terkuras habis dahulu sebelum dilakukan pengisian pertama dengan gas nitrogen

Ketiga, pengisian pertama dengan gas nitrogen dilakukan hingga ban terisi sekitar 80% dari tekanan normal. Misalnya saja bila ban mobil tersebut paling tepat diisi dengan tekanan 29 psi, maka ban sebaiknya diisi dengan gas nitrogen hingga kira-kira 23 psi gas nitrogen.

Mengisi Ban dengan Gas Nitrogen Bagi Pemula 2

Keempat, ban kemudian dikempeskan kembali hingga gas nitrogen habis terkuras
Kelima, barulah ban kembali diisi dengan gas nitrogen dalam tekanan standar. Pengurasan dan pengisian hingga dua kali berfungsi untuk memastikan bahwa seluruh udara biasa sudah benar-benar habis dan kandungan oksigen dalam ban benar-benar menurun.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah tutup pentil pada ban. Biasanya bila ban diisi dengan gas nitrogen, tutup pentil yang digunakan berwarna hijau. Tak hanya tutup pentil, tutup tabung gas untuk gas nitrogen juga menggunakan warna hijau karena memang di kimia, warna hijau dikenal sebagai warna khusus yang menandai bahwa gas tersebut adalah gas nitrogen.

Perbedaan antara mengisi ban dengan udara biasa dan gas nitrogen mungkin tak bisa dirasakan langsung bagi orang awam yang menggunakan kendaraan dalam daya tempuh rendah hingga menengah. Tapi, hal tersebut akan sangat terasa perbedaannya bila gas nitrogen ini digunakan untuk mengisi ban para pembalap.

Selamat mengisi ban anda dengan gas nitrogen!

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)