Home Event Menguak Tabir Gunung Purba Bersama JORC VI

Menguak Tabir Gunung Purba Bersama JORC VI

Setelah Sukses mengexplore Merapi dalam gelaran JOGJ4X4RTA OFFROAD CHALLENGE V di tahun 2017, WE LOVE JOGJ4X4RTA sebagai komunitas penggemar Offroad yang bernaung dibawah pembianaan Indonesia Offroad Federation Pengda Daerah Istimewa Yogyakarta kembali menggelar JOGJ4X4RTA OFFROAD CHALLENGE VI Tahun 2018 yang akan digelar di Bantul 11 Januari sampai dengan 14 Januari 2018.


“VULCANO ANCIENT” tema yang diusung JORC VI kali ini, masih dengan Dengan menjelajah hutan dan pedalaman Yogyakarta yang penuh dengan keindahan panorama alam dan juga menyajikan berbagai Tantangan dan Juga Rintangan yang harus dihadapi para peserta mengambil tempat di seputaran pegunungan purba wilayah kabupaten Bantul dan sebagian wilayah Kabupaten Gunung Kidul dan Kabupaten Sleman bagian timur, Sebagai tempat START dan FINISH di lapangan Trirenggo Rumah Dinas Bupati Bantul.

Gelaran JORC VI 2018 kali ini sangat istimewa karena akan dibagi menjadi dua Group kategori yaitu JORC ULTIMATE yang akan menjelajah Hutan menikmati track yang lebih panjang dan handycap yang lebih banyak selama 4 hari perjalanan, sementara untuk Kategori JORC Reguler masih sama dengan waktu 3 hari perjalanan yang diberikan panitia. Dan tentunya JORC VI kali ini diikuti peserta dari seluruh Indonesia yang akan berlaga : Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, DKI jakarta, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Jayapura, Makasar tergabung dalam 46 tim Offroad.

Dari seluruh jumlah peserta, terdapat Setiap tim 10 tim yang masuk dalam JORC ULTIMATE. Sedangkan sisanya akan menikmati perjalanan dalam JORC REGULER. Setiap tim peserta akan terdiri 3 kendaraan 4×4 yang tentunya agar bisa saling membantu dalam melibas medan offroad di Gunung Purba.

Masih dengan Isu pengembangan Pariwisata dengan lebih memperkenalkan Gunung Purba sebagai Tujuan wisata yang wajib dikunjungi. Diantaranya Tebing Breksi Taman Tebing Breksi di Sambirejo Prambanan adalah hasil singkapan singkapan batuan endapan abu vulkanik dari erupsi gunung api purba jutaan tahun silam yang membentuk morfologi bukit. Penambangan oleh penduduk setempat menyebabkan kupasan tebing setinggi 30m dengan ketebalan sesungguhnya lebih dari 60m, sementara puncak perbukitan ini mencapai 300 meter dengan ketebalan 250 meter. Terdapatnya batuapung membuktikan secara empiris jika endapan ini merupakan hasil letusan gunung api super eksplosif yang belum banyak masyarakat luas tahu akan hal tersebut, begitu juga dengan pegunugan purba Nglanggeran Formasi Nglanggeran yang lebih muda, berada di atas Formasi Semilir, ini menunjukkan bahwa setelah terbentuk hamparan luas hasil letusan katastrofis Gunung api Semilir, kemudian disusul dengan tumbuhnya gunungapi strato baru, yakni Gunung api Nglanggeran. Sangat mirip dengan yang terjadi pasca terbentuknya kaldera gunung api Krakatau pasca melutus dahsyat yang kemudian melahirkan anak Krakatau. Pengembangan Jalur ekonomi Masyarakat dalam rangka untuk membuka Jalan baru untuk menghubungkan antar daerah juga akan menjadi Isu JORC VI kali ini agar perekonomian masyarakat menjadi lebih baik. Disamping mengenalkan Pariwisata yang sudah ada di JORC VI kali ini juga akan membuka jalur wisata baru yang harapanya dapat digunakan masyarakat sekitar wisata dan juga pelaku dunia pariwisata sebagai jalur wisata baru yang dapan digunakan untuk mengembangkan pariwisata di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Penghargaan kepada Tim – tim terbaik juga akan diberikan JORC VI tahun ini : “ THE BEST TEAM” diberikan kepada tim terbaik dalam kerjasama tim, Safety, dan juga dalam mengelola manajemen Recovery dan selalu menjaga Kebersihan. “THE BEST SAFETY” diberikan kepada tim yang terbaik dalam mengelola manajemen Recovery baik secara Safty personal maupun peralatan yang digunakan. “THE BEST JUNGLE TEAM” diberikan kepada tim yang selama pelaksanaan acara selalu melakukan aktivitas didalam Track. “THE MOST HELP FULL TEAM” Tim yang memberikan kepedulian penuh terhadap tim lain yang memerlukan pertolongan atau bantuan. “THE GREEN ADVENTURE TEAM” tim yang selalu menjaga keberisihan dan selalu menjaga Kelestarian lingkungan dalam perjalanan menyusuri Track acara. “THE BEST NAVIGATOR” penghargaan ini spesial diberikan kepada tim yang navigator nya bisa bekerja secara baik baik dari kerjasama tim dan keamanan dalam melalukan recovery.

Diakhir acara JORC VI kali ini akan memberikan “Lifetime Achievement JORC” kepada keluarga Alm. Bapak FEN SAPARITA : Sekjend IOF PENGDA DIY Direktur MELIA LAUNDRY yang dedikasi dan pengabdian serta kecintaan terhadap dunia Offroad yang sudah dibuktikan Almarhum baik sebagai pembalap offroad nasional maupun sebagai pembina perkembangan off road di Indonesia dan Yogyakarta khusunya dalam pelaksanaan JORC yang pertama hingga sekarangan ini.

Salam Offroad … GOO !!!

BANK BJB B16 AP SPEED | ISSOM 2018 1ST ROUND - SENTUL INTERNATIONAL CIRCUIT