Connect with us

Subscribe

Cars

Mercy Tiger Ini Laku Dengan Harga 1 Milliar Rupiah

Mercy Tiger atau W123 ini merupakan mobil klasik yang banderolnya tidak terlampau mahal. Kendaraan ini pun masih terbilang banyak dan mudah dicari, bahkan untuk ukuran pasar Indonesia. Tetapi rumah pelelangan di Jerman yaitu RM Sotheby’s, barusan saja melepas mobil ini seharga US$78,000 (sekitar Rp 1 miliar).

Kenapa bisa mahal sekali? tertanya ini bukan Tiger biasa. Ini merupakan unit terbatas darib varian 500 TE AMG. Mengapa? karena pada masanya, pabrikan asal Jerman tersebut belum bergabung dengan tuner AMG, lagipula, unit Mercedes-Benz 500 TE-nya sendiri termasuk jarang ditemui bahkan di negara asalnya.

Sebelum di era 90an menjadi tuner in-house, AMG dan Mercedes-Benz memang memiliki kedekatan khusus. Kolaborasinya selalu menciptakan mobil performa monster. Yang pertama dibuat, sekaligus paling ikonik, Mercedes 300 SEL 1971. Mobil ini memenangkan balapan 24 jam di kelasnya. Performa gila yang dimiliki, membuat para petrol head saat itu terkagum.

Dalam perjalanannya pada 1979, mereka meramu beberapa tipe Mercy Tiger. Dari mulai versi sedan, coupe dan yang terakhir station wagon. Menurut rumor, hanya ada dua station wagon yang resmi dibuat mereka. Makanya, banderolnya selangit. Saat dalam keadaan baru saja, harganya diperkirakan mencapai $40,000.

Huruf ‘TE’ pada Mercedes-Benz 500 TE merupakan singkatan dari Touring Edition atau yang kita kenal dengan tipe wagon. Untuk varian sedan 4 pintu atau saloon-nya, Mercedes-Benz bahkan hanya membuat 10.479 unit sepanjang 1990 hingga 1995.

Mercedes-Benz 500 TE dilengkapi mesin dengan kode M117 berkonfigurasi V8 dengan kapasitas 5000 cc dengan tenaga 276 dk. Sedangkan pada seri non-AMG, seri chassis W123 ini dilengkapi pilihan mesin diesel dan bensin dengan mesin bertenaga mencapai 182 dk dan torsi 173 Nm.

Meski tak mengetahui persis, rumah lelang RM Sotheby’s mengklaim bahwa hanya beberapa unit dari Mercedes-Benz 500 TE AMG ini yang masih tersisa. Salah satu yang berhasil terselamatkan dengan baik adalah Mercedes-Benz 500 TE AMG yang masuk rumah lelang tersebut.

Meski tak dalam kondisi orisinil, namun rumah lelang tersebut menyatakan bahwa mobil ini berada di tangan yang tepat sebelumnya, yakni seseorang yang mengerti betul cara merawat dan memodifikasi sebuah mobil ikonik. Dari segi eksterior terlihat beberapa perubahan jelas seperti skid plate, flare, hingga di bagian suspensi. Sedangkan bagian mesinnya dilakukan perubahan pada oil cooler, header dan downpipe.

Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan

Comments

Gimana Sih Cara Kerja AC Mobil?

Did You Know?

Jangan Sembarangan Dengan Minyak Rem, Ini Resikonya

Did You Know?

Awal Sejarah Peraturan Lalu Lintas Terbentuk

Did You Know?

Mengapa Sway Bar Seringkali Dicopot Dari Kendaraan 4×4?

Did You Know?

Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan

Copyright © 2018 Fastnlow.net. Theme by Fastnlow, powered by PT. OTOMEDIA NUSANTARA.

Connect
Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan