Home Did You Know? Mesin Diesel

Mesin Diesel

Hallo kawan-kawan, dalam artikel ini kita akan berbincang-bincang tentang mesin diesel. Kawan-kawan sudah tau kan mesin diesel itu. Nah, mari kita berbincang tentang mesin diesel.

Mesin diesel itu apa sih, mesin diesel ini mesin bakar yang menurut para suhu-suhu mesin adalah mesin yang paling effisien tetapi kurang bersahabat dengan lingkungan karena hasil pembakarannya berasap hitam. Banyak sekali orang yang dikelabui dengan ada atau tidak adanya busi didalam mesin diesel, mesin diesel tidak menggunakan busi. Kok bisa nyala mesinnya tanpa busi? Begini ceritanya, mesin ini menyala atau campuran bahan bakar terbakar karena kompresi yang tinggi mendekati titik bakarnya bahan bakar. Sehingga mesin diesel tidak memerlukan busi, tetapi busi dalam mesin bensin ini digantikan dengan injektor yang menyemprotkan solar langsung kedalam ruang bakar (direct injection).

Mesin Diesel

 

Mesin ini sama seperti mesin bensin, ada mesin diesel 2 tak dan 4 tak, tetapi mesin diesel 2 tak telah dilupakan dan lebih banyak digunakan mesin diesel 4 tak. Mesin diesel ini hanya menghisap udara saja, tidak seperti mesin bensin yang menghisap udara luar dan bahan bakar. Pada saat piston mesin pada saat mendekati TMA dalam siklus kompresi/compression, injector menyemprotkan solar untuk memulai pembakaran.

Kenapa mesin diesel lebih effisien bahan bakar, karena mesin ini dipersenjatai dgan kompresi yang cukup tinggi minimal 1:18, menghasilkan effisiensi termal yang lebih tinggi dibandingkan dengan mesin bensin. Karena kompresinya tinggi dan juga menggunakan teknologi compression ignition, mesin ini dapat menghasilkan torsi yang besar pada putaran bawah. Naik atau turunnya putaran mesin/RPM tergantung debit bahan bakar yang disemprotkan. Semakin banyak solar yang masuk, semakin tinggi juga putaran mesin.

Karena mesin ini di lengkapi dengan kompresi yang cukup tinggi, maka dari itu mesin ini relatif lebih berat dibandingkan mesin bensin karena bahan dari part-part didalam mesin harus cukup kuat untuk mengatasi kompresi yang tinggi. Selain itu, mesin ini biasanya dipersenjatai dengan 2 pompa solar, 1 di tanki dan yang 1 di mesin yang biasa disebut supply pump. Kok pakai 2 pompa solar? Karena tekanan solar di injector harus cukup tinggi untuk mengimbangi tekanan yang tinggi diruang bakar.

Meski torsi mesin ini besar, mesin ini kurang responsif, sehingga untuk meningkatkan putaran mesin harus pelan-pelan menekan tuas gas untuk mengimbangi debit solar dan putaran mesin. Untuk menanggulangi kekurangan ini, biasanya mesin diesel ini dilengkapi dengan turbocharge yang akan meningkatkan effisiensi dan akselerasi.

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)