Home Special News Garage Miniatur Kendaraan Perang Buatan Mantan Tentara Irak

Miniatur Kendaraan Perang Buatan Mantan Tentara Irak

Seorang mantan tentara Irak yang umurnya boleh dibilang muda, 28 tahun asal Kerbala, menjadi pelaku dan saksi hidup dalam sebuah perang koalisi yang dipimpin Amerika Serikat. Pria itu bernama Radwan Nasser Abdel Amir yang bertugas menjadi tentara Irak antara 2007-2011. Kini ia ‘pensiun dini’ dan mengalihkan memori kelamnya dengan membuat miniatur kendaraan perang lengkap beserta diorama. Nggak kebayang ya guys hidup di medan perang!

Karyanya menggambarkan adegan militer dalam medan perang termasuk kendaraan Humvee, tank T-90, personil tentara dengan background jalan-jalan yang dipenuhi sampah dan reruntuhan bangunan atau gedung. Meski dibuat sedetail mungkin, namun adegan di diorama tak sekejam dengan adegan nyata.

Adegan itu mewakili keadaan saat perang yang dipimpin AS untuk menggulingkan Sadam Hussein. “Setelah meninggalkan tentara, saya mencoba menemukan cara untuk tetap dalam semangat kehidupan militer dan saya menemukan di internet maupun sosial media pada khususnya bahwa hobi ini umum di Eropa, tapi saya tidak berharap hal ini dikenal di Irak”, ujar Radwan.

Hobi yang dilakoninya juga untuk memberi penghormatan pada rekan-rekannya. Ini adalah sebuah momen kemanusiaan dan politik dimana ratusan ribu orang meninggal dan banyak pihak melakukan kekejaman. Situasi yang dituangkan kedalam diorama berasal dari ingatannya dan beberapa diambil dari televisi atau internet.

Dalam hal ini Radwan tak menjalani seorang diri, Ia turut mengajak rekan seperjuangannya untuk membuat diorama dan bersedia membantunya belajar. Banyak orang ingin melupakan konflik tetapi Radwan bisa mengatasi memori buruknya dengan hal yang lebih positif dan memberikan motivasi yang berbeda untuk para rekannya.

“Proyek utama saya adalah melanjutkan hobi ini untuk mendokumentasikan semua momen heroik yang dijalani oleh angkatan bersenjata Irak. Ada ribuan adegan heroik angkatan bersenjata yang harus saya buat ulang”, cetus Radwan.

Sumber Foto: Reuters

BANK BJB B16 AP SPEED | ISSOM 2018 1ST ROUND - SENTUL INTERNATIONAL CIRCUIT