Home Issue Cars Mitos atau Fakta Bahwa Mobil Listrik Itu Pelan??

Mitos atau Fakta Bahwa Mobil Listrik Itu Pelan??

Percayakah kalian kalau sebuah mobil Sport Utility Vehichle (SUV) listrik, Tesla Model X berhasil mengalahkan Lamborghini Aventador SV dalam sebuah balapan drag race yang digelar oleh DragTimes. Tak hanya berhasil mengalahkan salah satu mobil tercepat di dunia saja, Tesla Model X dalam balapan itu juga berhasil mencatatkan sejarah sebagai SUV tercepat dalam balapan lintasan lurus sejauh 402 meter.

DragTimes, perusahaan media penyedia data-data tentang drag race, menggelar balapan antara kedua mobil tersebut di Palm Beach International Raceway, Florida, Amerika Serikat. Pada balapan tersebut mobil listrik Tesla Model X P100D berhasil mengalahkan bukan sembarang supercar, mobil kencang dengan yang terbilang ‘langka’ keluaran dari pabrikan Lamborghini yaitu, Aventador SV dengan catatan waktu terbilang sangat tipis. Mobil listrik buatan dari Elon Musk itu dapat mencatat waktu 0,05 detik lebih cepat ketimbang Lamborghini Aventador SV, mobil kencang dan mewah dari negara Italia itu.

SUV listrik tersebut dapat melesat hingga kecepatan maksimal 189 kilometer per jam dan menyentuh garis finis hanya dalam waktu 11,4 detik. Dengan catatan waktu tersebut Tesla Model X P100D memecahkan rekor dunia sebagai SUV tercepat dalam sejarah balapan drag race.

Kemenangan ini menjadi catatan sejarah yang unik, mengingat Tesla Model X dalam balapan itu harganya di AS cuma 165.000 dolar dan dirancang sebagai mobil keluarga. Sementara lawannya, sang Aventador SV, berbanderol sekitar 530.000 dolar, dengan mesin V12 berkapasitas 6,5 liter yang mampu menyemburkan tenaga hingga 750hp, dengan tujuh percepatan.

Apa penyebab supercar kencang seperti Lamborghini kalah, dikarenakan Tesla Model X P100D mampu mencapai torsi maksimum sejak awal balapan, sementara Aventador butuh waktu lebih lama untuk mencapai torsi puncaknya. Selain itu, Tesla Model X juga tak perlu berganti gigi dalam balapan, lain dengan Aventador yang pengemudinya dituntut untuk menemukan momentum yang tepat untuk memindahkan gigi.

Karenanya, mengingat alasan-alasan di atas, maka bisa dipastikan Tesla Model X akan mudah dikalahkan oleh Lamborghini Aventador dalam balapan dengan lintasan yang lebih panjang. Bagaimana menurut kalian? masih bisa beranggapan bahwa mobil listrik itu pelan, mungkin ada juga yang menganggap mobil listrik itu seperti mobil R/C?  berarti persiapkan saja diri anda untuk jangan kaget dan sakit hati apabila di jalan mobil sport anda disalip tanpa suara oleh Tesla.

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)