Connect with us

Subscribe

Cars

Mitsubishi Shogun ‘Tutup Usia’ di Inggris

Mitsubishi Pajero dikenal sebagai Mitsubishi Shogun di Inggris, seperti halnya di Amerika (kecuali Brazil) dan Spanyol disebut Mitsubishi Montero. Mitsubishi Shogun buatan Mitsubishi Motor ini memang memiliki nama yang berbeda dengan pasar di Indonesia, tetapi sebenarnya keduanya tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Hanya saja saat ini Pajero di Tanah Air merupakan model yang diproduksi oleh Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) dan diekspor ke Filipina.

Mitsubishi Shogun maupun Pajero memiliki kesamaan penggunaan stir kanan, serta kabin keduanya tak jauh berbeda dengan yang diproduksi dalam negeri. Pasar Mitsubihi Pajero di dalam negeri mampu bertahan dan bersaing dengan SUV pabrikan lainnya. Sayangnya, pecinta Mitsubishi Shogun harus mendapat kabar buruk bahwa model ini tidak akan lagi ditawarkan di Inggris.

Secara resmi, Mitsubishi telah mengumumkan tidak akan lagi menjual Shogun baru di Inggris, yang artinya mengakhiri masa produksinya hampir empat dekade. Tercatat Mitsubishi berhasil menjual dengan total 114.164 unit Shogun selama 37 tahun di Inggris. Sejak debut pertama model Pajero keluar pada tahun 1982 di Jepang, di tahun yang sama pula Shogun dipasarkan di Inggris.

Model Shogun terakhir di Inggris adalah SWB (short wheel base) Barbarian dengan balutan warna putih. Bos Mitsubishi Motor UK, Rob Lindley mengatakan, “Shogun adalah kendaraan yang sangat penting bagi kami, membantu kami menjadikan salah satu pentolan disegmen 4WD dan SUV sejak era 80an.”

Dalam skala jangka panjang masa depan Shogun memang sangat dipertaruhkan, tingginya biaya pengembangan platform dan penjualan model ini kian merosot. Hal ini sebenarnya telah diantisipasi pada Shogun model generasi kelima, seperti halnya bagaimana Land Rover berjuang untuk mengembangkan Defender terbaru.

Saat ini Mitsubishi memiliki akses luas ke berbagai platform melalui Aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi, adanya kelemahan mesin yang serupa di jajaran model Renault dan Nissan. Dilaporkan bahwa masa depan Shogun sangat mungkin berbagi platform dengan Nissan Patrol baru atau bisa menjadi dasar baru sebagai platform pikap truk Aliansi tiga pabrikan dimana Mitsubishi memimpin pengembangan untuk L200 generasi berikutnya.

Meskipun Shogun lambat laun tidak lagi mampu bersaing dengan SUV jaman now yang lebih cakap dan berperforma tinggi, bagaimanapun Shogun sendiri telah dikenal berkat 12 kemenangan di kejuaraan Rally Paris-Dakar tahun 1983.

Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan

Comments

Penjelasan Lengkap Tentang Fungsi Catalytic Converter

Did You Know?

Cara Mudah Menghilangkan Bau Rokok Pada Mobil

Did You Know?

Cara Mudah Agar Mobil Anda Tidak Bisa Di Maling

Did You Know?

Volvo Perintis Seatbelt Modern 3-titik

Did You Know?

Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan

Copyright © 2019 Fastnlow.net. Theme by Fastnlow, powered by PT. OTOMEDIA NUSANTARA.

Connect
Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan