Home Issue Cars Mobil Berkecepatan 500km/jam Berhasil Diwujudkan

Mobil Berkecepatan 500km/jam Berhasil Diwujudkan

Predikat mobil produksi terkencang di dunia pada saat ini dipegang oleh Koenigsegg Agera RS setelah mengalahkan Bugatti Chiron dengan kecepatan puncak mencapai 433 km/jam. Bugatti Chiron kini didatangi pesaing baru untuk hypercar yang mampu menembus keceptan leih dari 400 km/jam, yakni dengan hadirnya Hennessey Venom F5. Pabrikan hypercar asal Houston, AS itu menyebut bahwa model terbarunya, yakni Venom F5, akan mampu menembus kecepatan lebih dari 482 km/jam, untuk bisa meraih gelar sebagai mobil produksi paling kencang di dunia.

Tidak seperti Venom GT yang memakai Lotus sebagai basis utama, Venom F5 murni dikembangkan sendiri oleh Hennessey. Prosesnya sudah berjalan sejak empat tahun lalu, dengan target melampaui kemampuan Venom GT dan juga Bugatti Chiron.Hennessey Venom F5 mengandalkan mesin V8 twin-turbo bertenaga 1.600 hp, dengan transmisi single-clutch 7-percepatan yang menggerakkan roda belakang.

Kemampuan akselerasi 0-100 km/jam tidak disebutkan, namun untuk mencapai 300 km/jam Hennessey dengan percaya diri menyebut tidak sampai 10 detik. Kemampuan Venom F5 berakselerasi tersebut didukung dengan bobot kosong yang hanya 1.338 kilogram berkat keseluruhan konstruksi berbahan serat karbon, sementara aerodinamika body memiliki coefficient of drag sebesar 0,33.

Klaim Hennessey soal keunggulan dari Bugatti adalah bahwa Venom F5 sanggup berakselerasi dan berhenti 0-400-0 km/jam tidak sampai 30 detik, di mana Chiron 42 detik dan Agera RS 36,44 detik. John Hennessey menerangkan, belum ada kepastian mengenai kapasitas mesin V8 twin-turbo. Sekarang masih dalam tahap menguji dua mesin untuk versi produksi. Ia juga mengatakan ketidaktertarikan kepada elektrifikasi karena hanya menambah bobot dan kerumitan saja. Tapi ia tidak menutup diri dari perkembangan hibrida dan mobil listrik jika ada pelanggan yang memintanya.

Hennessey berencana hanya membuat 24 unit Venom F5 dengan harga $1,6 juta (Rp21,7 miliar). Semuanya dibangun di fasilitas khusus untuk F5 di Sealy, Texas. Uji kecepatan untuk membuktikan kecepatan tertinggi bisa tembus 480 km/jam baru dilakukan setelah ada pemesanan dari pelanggan. Peluncuran mobil bersamaan dengan SEMA Show 2017 yang sedang berlangsung di Las Vegas pada tanggal 31 Oktober – 3 November 2017.

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)