Home Did You Know? Mobil Buatan Toyota yang Melegenda

Mobil Buatan Toyota yang Melegenda

Mobil sport coupe dari Toyota ini memiliki nama besar yang dihormati dalam dunia otomotif karena ketangguhan dan kehandalannya. Hal inilah apabila kita mendengar nama Toyota Supra disebutkan, para car enthuasiast tidak akan berdebat dan sepakat bahwa mobil ini adalah mobil yang sangat baik dari berbagai aspek.

Celica dan 2000GT

Toyota Supra awalnya berasal dari pengembangan Toyota Celica sehingga pada generasi ke-1 mobil ini disebut dengan nama Toyota Celica XX lalu menjadi Toyota Celica Supra di generasi ke-2. Supra memiliki kaitan erat dengan Toyota 2000GT karena pada 2 generasi awal tersebut, Supra menggunakan mesin M Engine kepunyaan 2000GT. Hal inilah menambah nilai sejarah Supra karena 2000GT merupakan mobil sport klasik legendaris yang sering disebut sebagai mobil supercar pertama Jepang dan menjadi collectible car yang berharga superduper mahal berkisar diangka 16 Milyar Rupiah.

Pada generasi ke-3 yaitu di tahun 1986, Toyota memutuskan hubungan antara Supra dan Celica sehingga keduanya menjadi dua jenis model mobil yang berbeda. Celica kemudian berubah menjadi menggunakan layout FWD, sementara Supra tetap menggunakan layout RWD. Dari generasi ke-3 ini Supra pun secara resmi memiliki nama yang berdiri sendiri sebagai Toyota Supra.

2JZ

2JZ-GTE adalah mesin dari Supra generasi ke-4 yang merupakan salah satu mesin yang sangat populer dengan kekuatan terpendamnya yang sangat besar. Para engineer Toyota sebenarnya mendesain mesin ini untuk menghasilkan power yang sangat besar yaitu sebanyak 600hp, akan tetapi para petinggi Toyota memutuskan untuk taat pada regulasi dan memutuskan untuk de-tuning setengah dari kekuatan mesin menjadi 320hp. Selain itu, keputusan tersebut juga dilandasi dengan pertimbangan reliability, fuel economy dan keamanan pengendara.

Para tuner menyatakan bahwa membangkitkan power dari 2JZ ini sangatlah praktis. Mesin ini dapat dengan simpel di modifikasi dengan stock internal, yaitu tanpa modifikasi dalaman mesin seperti piston, head, valve. Misalnya, dengan perubahan pada panel air filter, sistem exhaust dan remap akan menghasilkan peningkatan power di kisaran 400-500hp. Beberapa produsen seperti HKS dan GReedy juga menawarkan paket upgrade kit untuk sistem turbo 2JZ yang cukup praktis karena bersifat modifikasi bolt-on. Kemampuan mesin 2JZ untuk dimodifikasi sanggup untuk mencapai power bahkan sebanyak 2000hp. Tidak heran mesin ini seringkali disebut sebagai mesin Inline 6 yang paling banyak ‘disiksa’.

Ketangguhan Supra bukan hanya dari mesinnya akan tetapi transmisi 6 speed manualnya pun didesain untuk mampu menyeimbangi kekuatan mesinnya. Transmisi Supra sangat handal sehingga sanggup menahan berapapun jumlah power yang didistribusikan dari mesinnya. Ketangguhan keduanya seringkali disebutkan sangat kuat bahkan dikatakan hampir mustahil untuk rusak.

Beauty and Beast

Meski telah berusia lebih dari 20 tahun penampilan Supra tidak termakan jaman dan memiliki penampilan yang memikat. Desain body mobil ini memiliki atribut maskulin yang dipadukan dengan lekukan mulus yang feminim, menjadikan mobil ini sedap untuk dipandang dari sudut manapun. Untuk interior, kabin dari Supra banyak digemari karena penampilannya yang seperti ruang cockpit pesawat. Kabinnya di desain seperti ditujukan untuk satu pengendara, dimana semua instrumen kabin berfokus mengarah pada driver.

Untuk suaranya, Supra memiliki suara mesin inline 6 yang menggelegar pada RPM tinggi disertai siulan turbonya yang kencang. Pada Supra yang sudah dimodifikasi, akan sering terdengar suara keras backfire dari knalpotnya disertai decitan suara antilag yang menghasilkan suara seperti tembakan senjata machine gun. Mendengarkan suara Supra mampu membuat napas kita terhenti sejenak dan bulu kuduk merinding.

Tahun 2002 merupakan tahun terakhir Toyota Supra diproduksi. Toyota memutuskan untuk menghentikan produksi mobil ini dengan pertimbangan segmen dan target pasarnya yang tidak besar sehingga dipandang tidak memberikan jumlah profit yang diinginkan. Perlu diketahu, harganya ketika itu cukup mahal yaitu mencapai $40.000 (sekitar 530juta Rupiah). Hal ini mirip kasusnya dengan Mazda RX-7 dan beberapa sport car lainnya di era yang sama.

Meskipun sudah menjadi mobil yang tidak diproduksi, Toyota Supra tetap menjadi salah satu mobil Toyota yang sangat populer terutama dengan performa dan keindahannya. Saat ini sudah cukup lama beredar kabar bahwa Toyota sedang dalam proyek untuk membangkitkan kembali Toyota Supra. Bekerja sama dengan BMW, Toyota sedang membuat mobil penerus Supra bermesin hybrid yang dalam bentuk konsepnya saat ini dinamakan sebagai Toyota Ft-1.

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)