Home Issue Cars Mobil Kencang Tapi Irit Buatan Volvo

Mobil Kencang Tapi Irit Buatan Volvo

Polestar merupakan perusahaan tuning yang bekerjasama dengan Volvo sejak tahun 1996, kini Polestar berdiri sendiri sebagai merek kendaraan listrik performa tinggi. Berada di bawah naungan Volvo Car Group, Polestar juga mengonfirmasi akan memproduksi tiga model pertama. Targetnya langsung Cina sebagai pasar otomotif terbesar saat ini.

Polestar 1 black exterior, on location

Sekaligus juga membuka fasilitas perakitan mereka disana. Pasar Cina memang menjadi potensi terbesar yang dituju. Mereka berencana menetapkan patokan industri terbaru di segmen kendaraan listrik performa tinggi. Tesla Motors akan lebih waspada untuk menghadapi saingan terbarunya ini. Model pertama yang diperkenalkan bernama Polestar 1. Mobil berwujud coupe ini mulai memasuki lantai produksi pada pertengahan 2019.

Thomas Ingenlath, Chief Executive Office Polestar berkata, “Polestar 1 adalah mobil pertama yang menyandang nama Polestar di kap mesinnya. Mobil GT yang cantik dengan teknologi menakjubkan terkandung di dalamnya – ini langkah yang bagus untuk brand Polestar. Semua mobil Polestar dilengkapi penggerak listrik, mengantar visi kami sebagai brand mobil listrik performa tinggi.”

Polestar memasang model ini sebagai model ‘halo’ atau inti mereka, sebagaimana Porsche dengan 911, Honda dengan NSX dan Subaru dengan WRX STI. Jika anda mencium aroma Volvo S90 pada saat pertama kali melihatnya, tak usah gusar, karena ia memang mirip dengan S90. Mobil Gran Tourer ini mungkin punya perawakan yang simpel dan elegan, tidak ada tanda-tanda kehadiran detail sporty yang dipamerkan, entah itu berupa canard, fender fin atau spoiler belakang besar. Namun jangan salah menduga, sebab bodinya terbuat dari bahan carbon fiber yang ringan dan meningkatkan rigiditas torsionalnya hingga 45%.

Untuk membuat GT perdana mereka, Polestar 1 rupanya masih butuh sedikit bantuan Volvo. Sasis Polestar 1 meminjam sasis Scalable Platform Architecture (SPA) milik Volvo, namun Polestar mengklaim sekitar 50% dari mobil ini adalah barang-barang baru nan spesial yang dirancang insinyur Polestar sendiri. Seperti BMW 4 Series, Audi A5 dan Mercedes Benz C-Class Coupe, mobil ini berformat 2+2, jadi ia punya 2 jok lagi di belakang

Interior Polestar 1 desainnya persis Volvo S90 perbedaannya, Polestar 1 punya banyak trim carbon fiber supaya berkesan lebih sporty dibandingkan Volvo S90. Namun desain interiornya tetap simpel dan tak aneh-aneh, ciri khas mobil dari Swedia.

Polestar 1 mengusung mesin hybrid yang orientasinya sedikit banyak menyerupai S90 T8. Di bagian depan, ada mesin 2.000 cc 4 silinder yang menyalurkan tenaga ke roda depan, sementara roda belakang mendapat tenaga dari 2 motor listrik. Mobil ini menggunakan sistem penggerak All Wheels Drive (AWD), dan saat mesin bensin serta listriknya digabungkan untuk performa penuh, Polestar 1 dapat menghasilkan tenaga 600 hp dengan torsi 1.000 Nm.

Polestar 1 disiapkan untuk bisa berjalan dengan tenaga listrik saja, dan jarak tempuh maksimalnya adalah 150 km. Itu adalah jarak yang cukup jauh untuk sebuah mobil hybrid, namun jika hanya pakai tenaga listrik saja, tenaganya turun jadi 218 hp. Sebagai standar, Polestar 1 sudah pakai Continuously Controlled Electronic Suspension (CESi) buatan Ohlins dan rem 6 piston 400 mm buatan Akebono.

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)