Home Issue Cars Mobil Konsep Honda Bergaya Retro

Mobil Konsep Honda Bergaya Retro

Dalam ajang pameran Frankfurt Motor Show 2017 yang tengah berlangsung, Honda memperkenalkan mobil listrik terbaru bernama Urban EV. Mobil itu berjenis city car yang tak lagi mengandalkan mesin pembakaran internal (combustion engine) dan hanya bisa mengakomodasi empat orang penumpang.

PT Honda Prospect Motor menyebut bahwa Urban EV Concept merupakan platform baru untuk mobil konsep Honda dalam hal teknologi masa depan yang memanfaatkan tenaga baterai elektrik. Untuk desainnya, mobil konsep ini disebut sudah pakai teknologi terdepan dan juga desain yang modern serta bercitarasa sporty. Walau secara sekilas bentuknya mengingatkan pada Honda Civic yang eksis di era 1980an.

Sebagai mobil dari masa depan, kesan futuristik ini terlihat dari desain kaca dengan rangka tipis dan bentuk lampu depan dan belakang. Secara keseluruhan bentuknya dibuat simple dan dengan mekanisme buka tutup pintu yang berbeda — engsel di belakang.

Di bagian moncong, Honda memasang emblem pada mobil konsep ini dengan layar lampu berwarna biru. Pada bagian depan emblem dan lampu depannya dibuat futuristik. Menariknya, pada bagian Front Grille dapat menampilkan nama model, pesan dan juga status pada saat pengecasan. Nah, kalau dilihat pada bagian bawah, terdapat garis hitam dengan aksen kapsul berwarna biru, yang kemungkinan adalah indikator baterai.

Beda halnya dengan di luar, di dalam kabin nuansa futuristik itu sangat kental. Ini terlihat dari bentuk setir yang dibuat persegi dengan sudut membulat. Desain kursi dibuat menyerupai sofa. Bahkan kalau kita bisa lihat, desain kokpit lebih menyerupai sebuah ruang tengah. Bagaimana tidak, dashboard dibuat kotak dengan aksen kayu dan komponen berwarna hitam.

Kemudian, terdapat sebuah layar dengan dimensi panjang sebagai pusat infotainment. Di layar ini pengemudi dapat mengatur perpindahan berbagai macam informasi mobil dengan cara swipe saja. Layar panjang yang bisa menampilkan kondisi lingkungan di masing-masing sisi juga disematkan pada panel pintu. Sementara atapnya sengaja dibuat dengan material kaca untuk memberikan kesan luas.

Pabrikan Jepang itu mengatakan bahwa Urban EV Concept akan masuk ke jalur produksi dengan sejumlah ubahan. Meskipun, belum ada target waktu pastinya.
“Versi produksi dari mobil ini akan hadir ke Eropa pada 2019,” kata CEO Honda Takahiro Hachigo

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)