Home Issue Cars Mobil Listrik Buatan China Jadi Saingan Berat Tesla

Mobil Listrik Buatan China Jadi Saingan Berat Tesla

Perusahaan asal China, yaitu Byton akan memperkenalkan mobil konsep yang katanya memiliki ‘kecerdasan yang melebihi kecerdasan manusia’. Mobil Byton Konsep diperkenalkan untuk menandingi Tesla dengan kemampuan bisa menempuh jarak tempuh yang menembus hingga 402 km. Byton konsep mobil otonom tenaga listrik dan akan memproduksi kendaraan listrik otonom di pabriknya di Nanjing, China. Kendaraan all electric ini tampil pada acara Consumer Electronics Show (CES) 2018 yang digelar pada 10-12 Januari 2018 di Las Vegas, Amerika Serikat.

mobil canggih ini rencananya akan diproduksi tahun 2019 dan mulai dipasarkan tahun 2020 di China sebelum masuk pasar Amerika Serikat dan Eropa dengan harga US$ 45.000 kalau dirupiahkan berkisar Rp 600 jutaan. Crossover listrik Byton ini diklaim hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit ketika melakukan pengisian daya untuk mencapai kondisi baterai hingga 80 persen. Selain sumber tenaga yang dipastikan akan memenuhi kebutuhan konsumen, mobil listrik ini juga telah menyematkan teknologi otonom Level 3.

Namun startup asal China ini memastikan mobil ini akan dilengkapi dengan teknologi otonom Level 4 ketika masuk dalam proses produksi. Selain dilengkapi dengan teknologi otonom, mobil ini juga tidak lagi menyematkan kaca spion melainkan menggunakan 2 kamera kecil pada bagian samping kendaraan. Konsumen dapat melihat kondisi sekitar kendaraan yang tertangkap kamera pada layar sebesar 49”. Layar besar ini dapat ditemui pada dashboard kendaraan yang diyakini dapat dihadirkan pada versi produksinya.

Selain berinteraksi dengan mobil melalui kontrol suara dan sentuhan, mobil konsep all-electric Byton menampilkan apa yang disebut sensor Air Touch yang memungkinkan penumpang mengendalikan layar utama dengan isyarat tangan. Untuk meningkatkan pengalaman infotainment, Byton telah menambahkan apa yang mereka sebut Life Cloud Platform, yang memungkinkan pengemudi dan penumpang menghubungkan aplikasi dan perangkat mobile ke mobil. Ini juga mempersonalisasi pengaturan mobil berdasarkan preferensi pengemudi.

Selain itu Byton menggunakan sistem keamanan dengan kamera yang memiliki pengenalan wajah untuk membuka pengaman kendaraan. Lampu LED di dalam dan di luar mobil juga bisa dikonfigurasi agar sesuai dengan suasana hati dan situasi berkendara yang berbeda. Jika mobil ini mendapatkan respon positif dari konsumen, Byton rencananya akan menghadirkan mobil listrik versi sedan dan MPV untuk dimasa yang akan datang.

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)