Home Issue Cars Mobil Terindah Sepanjang Sejarah

Mobil Terindah Sepanjang Sejarah

Masih ada beberapa mobil konsep lain yang menarik dari gelaran Tokyo Motor Show 2017, dan salah satunya adalah produk dari Mazda. Mazda tak jarang menghasilkan desain mobil yang cantik. Contohnya bisa kita lihat dalam mobil konsep Vision Coupe. Sebuah mobil generasi baru yang anggun. Ikuo Maeda, Managing Executive Officer Mazda Motor Corporation mengatakan bahwa Vision Coupe mengusung nilai yohaku yang artinya keindahan ruang kosong.

Mobil ini menggunakan bahasa desain khas Mazda Kodo-Soul of Motion yang sudah diperlihatkan Mazda sejak tahun 2010 lalu. Dengan filosofi ini, bagi Mazda, mobil lebih dari sekedar sarana transportasi. Itulah sebabnya filosofi desain KODO tampak jelas dalam bentuk mobil Mazda kini yang menggambarkan keindahan sebuah kehidupan.

Untuk kendaraan Mazda generasi mendatang, Mazda menciptakan tampilan yang bahkan lebih elegan dari apapun yang terlihat sebelumnya. Namun tetap dengan rasa yang mencirikan gaya Mazda. Lewat Vision Coupe, mobil-mobil Mazda terlihat lebih dewasa. “Kami telah menetapkan sebuah filosofi desain yang merangkum khas khas Jepang. Gaya yang diolah sejak zaman kuno sebagai tampilan yang luhur,” kata Ikuo Maeda.

Pada model ini, Mazda berusaha untuk membuat keindahan yang spesial untuk mobil, dengan kabin yang ditarik lebih jauh ke belakang dan membentuk satu tarikan garis yang halus, berdasarkan ‘rasio emas’, proporsi sebuah coupe klasik. Siluet ini menciptakan kesan sebuah mesin berperforma tinggi.

Dalam menciptakan bodi Vision Coupe, fokus yang dilakukan adalah dengan menghilangkan semua yang tak dibutuhkan. Kesan berirama dan pergerakan yang ditampilkan oleh mobil-mobil Mazda dalam beberapa tahun terakhir telah ditransformasi menjadi bentuk tiga-dimensi sederhana yang bertujuan untuk mewujudkan estetika yang memiliki pedoman ‘less is more’.

Mulai dari logo Mazda di depan, hingga logo di bagian belakang, sebuah garis sumbu tunggal yang kuat seakan berjalan menembus mobil, meningkatkan penampilan dan kesan dari selembar baja yang lentur, dengan semua pergerakan mobil terpusat pada sumbu tengah.

Dengan demikian hasilnya adalah sosok yang sangat sederhana namun dipenuhi kesan kecepatan yang tersembunyi, “one motion form”, kata Maeda menjadi ciri khas teristimewa dari model ini. “Setelah kami menciptakan coupe empat-pintu sebagai kerangka utama, kami telah menginvestasikan begitu banyak waktu dan perhatian pada pembuatan badan mobil, terutama permainan cahaya di seluruh permukaan badannya,” jelas Maeda.

Interiornya pun menggunakan konsep serupa bernama ‘ma’, yaitu penggunaan ruang yang cermat untuk menciptakan atmosfer. Itulah sebabnya Mazda menciptakan interior lega dan minimalis seperti ruang antara panel instrumen, door trim, dan konsol tengah. Dengan begitu, penumpang tak merasa sempit. Mereka juga menghilangkan panel display besar.

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)