Home Did You Know? Mobilnya Orang Nomor 1 di Indonesia, Seperti Apa Sih?

Mobilnya Orang Nomor 1 di Indonesia, Seperti Apa Sih?

blog.puali.com

Seorang presiden adalah figur yang sangat utama dalam suatu Negara, dan pastinya fasilitas yang diberikan Negara juga sangat premium. Salah satunya adalah mobil yang menjadi kendaraan utama untuk melaju kesana-kemari menghadiri pertemuan penting Kenegaraan.

Setiap Presiden punya jenis atau model mobil yang berbeda, kira-kira seperti apa ya mobil Presiden Indonesia dari masa ke masa? Berikut ini mobil-mobil yang dipakai Presiden RI dari era Soekarno sampai era Jokowi yang dirangkum dari berbagai sumber:

www.otovaria.com
www.otovaria.com

Buick-8 (Era Soekarno)

Mobil ini menjadi kendaraan Presiden yang pertama di Indonesia lho. Kendaraan dinas ini dipakai oleh Presiden Pertama RI Soekarno, terutama saat perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia antara 1945-1949. Mobil bercat hitam mengkilap ini memiliki body yang gemuk dan lampu bulat di depan. Dengan wibawanya, kendaraan dinas  ini menjadi koleksi Museum Gedung Joang 45 di Menteng 31, Jakarta Pusat.

www.barrett-jackson.com
www.barrett-jackson.com

Walaupun umur mobil ini sudah terbilang sangat tua, kesan wibawanya nggak luntur. Di bagian interior, ada selembar kaca yang gunanya memisahkan penumpang dengan pengemudi, dan dapat dibuka dengan sebuah tuas yang diputar. Mobil ini merupakan tipe Limited-8 dan utama dari Buick yang dikeluarkan tahun 1939, sedangkan kapasitasnya 320 ci atau 5247 cc.

presiden pertama RI nggak Cuma punya Buick-8 aja, ada Cadillac 75, Mercedes-Benz 600, GAZ 13 , Zil 111, Lincoln Cosmopolitan (limosin cabrio) dan Chrysler Imperial yang menjadi koleksi beliau. Banyak kan dan dengan bentuknya yang klasik mobil ini punya kesan yang langgeng di jaman modern seperti sekarang.

www.nast-sonderfahrzeuge.de
www.nast-sonderfahrzeuge.de

Mercedes-Benz 500SEL (Era Soeharto)

Waktu pertama kali menjabat, presiden ke-2 RI menggunakan Mercedes-Benz 500SEL (limousine) keluaran tahun 1987 yang memiliki nomor polisi beragam, mulai dari B1 sampai RI-1. Wakil presiden juga menggunakan mobil itu, mulai Sudharmono hingga Try Sutrisno.

Mobil Mercedes-Benz 500SEL ini memiliki kehebatan, salah satunya adalah spesifikasi keamanan yang setara dengan mobil dinas Presiden Bill Clinton dan Ratu Elizabeth II.

Mercedes-Benz ini sendiri asli pabrikan Jerman dengan tipe mesin M117.963 yang dilengkapi delapan silinder berkapasitas 5.0L dan kecepatan maksimumnya mencapai 220 km/jam. Hebat kali ya ini mobil.

lattercars.com
lattercars.com

Ditambah lagi, fasilitas keamanan yang dibilang komplit untuk ukuran mobil khusus waktu itu. Untuk keamanan ban, pemerintah RI menunjuk Michelin agar membuat high safety wheels dengan standar ban untuk mobil Kepresidenan. Roda ini memiliki ketebalan beberapa inci yang pastinya anti peluru sampai ranjau darat (dalam arti yang sebenernya ya). Ternyata spesifikasi serupa juga diterapkan Michelin untuk mobil yang dikendarai Presiden Rusia Boris Yeltsin dulu.

Mobil Kepresidenan era Soeharto ini juga dilengkapi kaca anti peluru setebal tiga inci (selisih dua centi aja dari Cadillac One-nya Presiden Obama). Nggak berhenti disitu ternyata, mobil Pak Harto ini punya beberapa sensor untuk keamanan Presiden. Yang nggak kalah mantapnya, mobil ini juga dilapisi baja dan platina hitam yang tahan terhadap serangan peluru, mortir dan guncangan. Wah speechless bener liat fasilitas mobil ini.

www.zenautoworks.ca
www.zenautoworks.ca

Mercedes-Benz S600 (Era Soeharto sampai SBY)

Kalau Mercedes-Benz S600 ini, produksi pada tahun 1994 dan juga pertama kali dipakai Presiden Soeharto sebagai pengganti mobil kepresidenan sebelumnya, Mercedes-Benz 500SEL. Resminya sih mobil ini dipakai pada tahun 1995, dan spesifikasi mobil ini juga nggak kalah sama tipe mobil kepresidenan sebelumnya. Standar keamanan yang tinggi seperti body dan kaca anti peluru juga dimiliki mobil ini.

www.zenautoworks.ca
www.zenautoworks.ca

Mobil ini menjadi kendaraan dinas Presiden terlama sebab, digunakan sejak era Presiden Soeharto, Habibie, Gus Dur, Megawati hingga Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Tahun 2004-2009 yang merupakan periode pemerintahannya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) masih menggunakan mobil kepresidenan warisan pendahulunya, yaitu Mercedes-Benz atau Mercy S600 buatan 1994. Namun pada periode keduanya (2009-2014), Presiden SBY pun mengganti mobil dinas itu dengan Mercedes-Benz S600 (Pullman Guard Limousine) keluaran 2008. Nah, Mercy buatan 1994 sebelumnya dijadikan sebagai kendaraan cadangan.

www.emercedesbenz.com
www.emercedesbenz.com

Mercy S600 Pullman Guard secara resmi dipakai pertama kali pada 2009. Sedangkan untuk spesifikasi, kendaraan ini memiliki body limousine dengan panjang sekitar 6,3 meter dengan wheelbase 4.315 mm. Limousine ini kurang lebih 1.150 mm lebih panjang dari body tipe S-Class long wheel base, lalu atapnya juga sedikit lebih tinggi dan lebih besar pada cabinnya.

Mobil Kepresidenan ini tahan terhadap senjata militer standar dan memberikan perlindungan terhadap fragmen yang muncul dari granat tangan, serta bahan peledak lainnya. Ada juga fitur keamanan tambahan seperti ban run-flat, tanki bahan bakar 90L dan sistem pemadam kebakaran otomatis. Ban yang digunakan juga Michelin PAX 245-700 R470 AC dan sistem ada pengaturan udara segar darurat, sistem kontrol pneumatik darurat untuk membuka jendela (bisa beroperasi secara tersendiri dari sistem elektronik), yang oke punya nih ada Panic Alarm System.

Karena zamannya sudah lebih maju, Limousine ini punya kamera belakang, kaca depan dan jendela depan yang tahan panas, mungkin dengan keadaan panas yang ekstri seperti sekarang nggak masalah buat mobil ini. Ada lagi nih, sistem adjutable doorhold yang digunakan di keempat pintu, di pintu belakang yang dapat ditarik dan menutup secara otomatis, serta tirai belakang listrik. Hebat banget!

vauzi.com
vauzi.com

Mercedes-Benz S600 (Era Jokowi)

Presiden RI yang sekarang, Jokowi juga menggunakan Mercedez-Benz S600 warisan dari SBY. Soal keamanan dan spesifikasi, mobil ini nggak tanggung-tanggung lagi, di bagian body dan kaca berlapiskan baja dengan tingkat resistensi Eropa B6/B7. Artinya, mobil ini mampu menahan ledakan yang ditimbulkan dari granat tangan, maupun bahan peledak ringan lainnya.

www.tempo.co
www.tempo.co

Fitur ban run-flat, tangki bahan bakar 90L dan sistem pemadam kebakaran otomatis juga tetap ada pada mobil era Jokowi ini. Bahkan untuk ban, sistem pengaturan udara segar darurat, sistem yang digunakan adalah Michelin PAX 245-700 R470 AC. Kemudian sistem pengaturan udara segar darurat, sistem kontrol pneumatik darurat untuk membuka jendela, serta Panic Alarm System juga tetap ada di mobil Presiden yang ke-7 ini.

Untuk masalah kamera, sama seperti milik SBY dan soal kecepatan, mobil ini bisa melaju sampai 210 km/jam dengan mesin GVW dan beratnya 4.200 kilogram.

www.la-lights.com
www.la-lights.com

Itulah tadi sederet mobil yang digunakan oleh Presiden di Negara kita, Indonesia. Karena orang nomor 1 yang menggunakan, tentunya fasilitas dari mobil-mobil tersebut nggak diragukan lagi dan bener-bener top deh pokoknya.

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)
  • artha

    mobilnya megawati dan BJ. Habibie ?