Home Did You Know? Modifikasi Mobil dan Motor Sebenarnya Dilarang UU

Modifikasi Mobil dan Motor Sebenarnya Dilarang UU

Anda mungkin punya impian untuk membuat motor Anda terlihat lebih keren dengan merendahkannya atau istilah gaulnya, modifikasi ceper. Atau, mengganti salah satu bagian mesin mobil Anda untuk menambah tenaga yang mampu dihasilkan. Tetapi, kini impian itu harus Anda kubur dalam-dalam. Kasubdit Gakkum Dilantas Polda Metro Jaya, AKBP Budiyanto mengungkapkan bahwa modifikasi seperti diatas merupakan salah satu bentuk dari tidak pidana pelanggaran.

Kata kini diatas mungkin tidak tepat digunakan. Hal ini disebabkan, aturan atau Undang-Undang yang mengatur mengenai modifikasi kendaraan bermotor ini sudah ada sejak dulu. Tepatnya, tahun 2009, yaitu UU No. 22 Tahun 2009 mengenai lalu lintas dan angkutan jalan. Jadi, sejak tahun 2009, setidaknya aturan ini sudah berlaku. Mungkin sosialisasi yang kurang atau masyarakat dan pengguna kendaraan motor yang memandang aturan ini tidak terlalu serius.

Sedangkan untuk hukuman yang melanggar aturan ini, diatur pada Pasal 277 jo Pasal 316 ayat (2) UU No 22 tahun 2009. Pelanggar diancam akan dijatuhi hukuman penjara selama 1 tahun atau denda maksimal Rp. 24 juta.

Lalu, bagaimana dengan Anda yang ingin mengubah dan memodifikasi kendaraan bermotor Anda? Sebenarnya, terdapat batasan yang juga ada dalam UU ini yang mengatur mengenai hal ini. Beberapa batasan yang mudah dipahami antara lain, Anda tidak boleh mengubah ukuran kendaraan Anda. Artinya, modifikasi ceper tidak diperkenankan dan Anda harus benar-benar melupakannya.

Anda juga tidak boleh menambah atau meningkatkan peforma dari kendaraan Anda melebih batas yang sudah ditentukan. Tentunya, batasan ini membuat Anda sedikit terkekang untuk membuat motor Anda dapat melaju kencang atau mobil Anda lebih hemat bahan bakar.

Bila pun Anda melebih batasan yang ada, masih ada kesempatan untuk membuat motor atau mobil Anda melaju di jalan. Anda hanya perlu mengurus sertifikat setelah melakukan uji tipe baru dari kendaraan yang sudah dimodifikasi. Tentunya, langkah ini akan membutuhkan waktu dan biaya yang lebih banyak lagi, jadi mungkin Anda perlu memikirkan kembali untuk melakukan modifikasi.

gambar utama via media.viva.co.id

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)