Home Did You Know? Mugen

Mugen

Mugen adalah tuner resmi yang sengaja dibuat oleh Honda Motor Corp. guna memproduksi segala macam tuning part maupun komponen manufaktur yang berkaitan dengan produk Honda supaya tampil lebih sporti dan stylish, serta di dukung dengan performa mesin yang powerfull.

photo 2

Bendera Mugen berkibar sejak tahun 1973, bermarkas di pusat kota Akasa, Saitama, bagian Utara Tokyo, Jepang. Perusahaan yang bergerak di bidang tuning part ini lahir atas prakarsa seorang engineer Hirotoshi Honda, putra pendiri Honda Motor Company Japan, Soichiro Honda. Asal kata Mugen dicomot dari bahasa Jepang yang berarti “Tanpa Batas” atau lebih dikenal dengan julukan “Unlimited Power”.

photo 3

Mugen mulai unjuk gigi di belantika motorsport dunia dengan membangun mobil balap sendiri yang diturunkan pada kejuaraan Honda Super GT, bahkan sempat menjadi partner-ship Formula 3000, yang akhirnya menyebabkan Mugen melibatkan diri di ajang Formula 1 untuk mensupport tim BAR Honda.

photo 4

Hingga akhirnya Mugen juga berniat membangun jenis mobil beraroma racing dari beberapa line up Honda yang diproduksi masal. Program ini dinahkodai oleh Nagaosa selaku Manajer Divisi Teknik Mugen yang telah berhasil mencetak varian Honda dalam versi racing, baik untuk keperluan harian maupun street racing.

photo 5

Debut awalnya, tuning resmi Honda ini berhasil mengaplikasikan produknya ke dapur pacu Civic 1200cc. lantas di tahun 1984 mulai mengembangkan body kit untuk dikenakan pada CR-X. kemudian membangun Mugen NSX prototype, yang kemudian dilanjutkan sebagai proyek pengembangan untuk Mugen NSX versi balap.

photo 6

Pada tahun1991 Mugen sukses membangun mesin V10, kemudian diubah namanya menjadi Mugen MF351H yang mampu menghasilkan tenaga sebesar lebih dari 590Hp @9500 RPM dan torsi mencapai 519Nm @7500 RPM.

photo 7

photo 8
Maha karya lainnya adalah merancang body kit untuk Honda Insight yang diberi nama Mugen Zero Lift Insight. Hebatnya, seluruh perlengkapan body kit ini telah menjalani sejumlah tes aerodinamika. Selain jenis sedan, Mugen juga berhasil mengembangkan varian low MPV yaitu Honda Fit Spec D dan Honda Civic Dominator yang dijuluki “The Road to Racing Concept”

photo 9

photo 10

Sesuai dengan julukannya sebagai tuning “Unlimited Power” Mugen tidak hanya focus sebagai pencetak body kit maupun engine part saja sebagai pendongkrak tampilan dan performa mesin juga. Tuning house yang satu ini juga mengembangkan berbagai jenis komponen, seperti velg, suspensi, rem dan komponen elektrik yang mengadopsi teknologi terkini.

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)