Connect with us

Subscribe

Garage

Mungkinkah Ini Sketsa Bengkel Di Masa Depan?

Terus terang saya belum bisa membayangkan akan seperti apa nantinya saat dunia memasuki era digital, mobil elektrik, self-driving, otonomos dan semua yang terkait didalamnya. Tentu hal ini akan berdampak pada perubahan infrastruktur, pola mengemudi masyarakat kita dan pola kerja sebuah bengkel. Yaps, bengkel! Menurut sekelompok ahli, selama 30 tahun kedepan bengkel akan sama sekali berubah total dan tidak dapat dikenali seperti layaknya yang kita tahu sekarang. Baik bengkel servis maupun repair, bisa dikatakan lebih mirip dengan laboratorium daripada bengkel.

Dilansir dari lama Driving, Direct Line Group mengatakan bahwa dalam kurun tiga dekade, bengkel mobil di Inggris akan menjadi lingkungan yang sangat bersih dimana dijejali dengan teknologi canggih seperti augmented reality interfaces, robotic assistants, printer 3D, dan sistem pengelasan laser padat berdaya tinggi.

Sementara mekanik akan menggunakan alat diagnostik untuk memperbaiki mobil, sistem yang mereka miliki diharapkan akan jauh lebih rinci dan akurat dalam beberapa dekade mendatang. Selain itu, teknologi yang terbenam pada mobil itu sendiri diperkirakan akan jauh meningkat, mobil kemungkinan akan dibekali dengan perangkat kit self-diagnosing tahun 2050.

Bahkan mekanik dapat memperbaiki kerusakan kecil tanpa menghadirkan mobil itu sendiri. Dengan menggunakan hologram ala film Star Wars, engineer dan teknisi dapat mengidentifikasi kerusakan pada mobil dan membantu pengemudi menyelesaikannya dari jarak jauh atau remotely.

Ada juga kemungkinan bahwa pengendara masa depan tidak perlu mengantar mobilnya ke bengkel. Terlepas dari bagaimana teknologi otonomos dan peraturan lalu lintas berkembang nantinya, ada kemungkinan mobil tanpa keberadaan pengemudi self-driving ke bengkel yang dituju dan kembali dengan sendirinya ketika pekerjaan selesai.

Direct Line Group pun melakukan survei yang menunjukkan 59 % orang Inggris tidak lagi tertarik bekerja di pusat perbaikan, sehingga diharapkan prediksi futuristik akan mendorong generasi selanjutnya fokus pada teknologi baru dan mempertimbangkan karir di sistem perbaikan dan perawatan mobil.

“Kami berharap pandangan masa depan ini menunjukkan kepada kaum muda khususnya beragam karier yang berkembang dalam bidang engineering akan mendorong masyarakat dari berbagai latar belakang untuk mempertimbangkan karier di sektor ini. Dengan adanya inovasi seperti mobil tanpa awak pengemudi, ada kesempatan besar bagi masyarakat untuk bekerja dan membentuk cara perbaikan baru pada mobil melalui teknologi,” ujar Felicity Harer, spesialis teknologi Direct Line Group.

Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan

Comments

Gimana Sih Cara Kerja AC Mobil?

Did You Know?

Jangan Sembarangan Dengan Minyak Rem, Ini Resikonya

Did You Know?

Awal Sejarah Peraturan Lalu Lintas Terbentuk

Did You Know?

Mengapa Sway Bar Seringkali Dicopot Dari Kendaraan 4×4?

Did You Know?

Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan

Copyright © 2018 Fastnlow.net. Theme by Fastnlow, powered by PT. OTOMEDIA NUSANTARA.

Connect
Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan