Home Did You Know? Navigasi Di Tanganmu, Apa Keuntungannya?

Navigasi Di Tanganmu, Apa Keuntungannya?

www.ubergizmo.com

Baru-baru ini orang nggak khawatir lagi buat bepergian ke daerah baru (walaupun belum pernah didatangi). Sebabnya, hampir semua orang punya alat canggih yang namanya smartphone yang didalamnya punya aplikasi peta digital (gaulnya GPS lah). Dengan adanya kemajuan ini, kemudahan sangat dirasakan terutama sama orang yang pada males atau malu tanya kalau salah jalan.

autochunk.com
autochunk.com

Tidak terhenti di handphone saja, kendaraan pun bisa diberi fasilitas peta pintar ini lho. Maka dari itu tidak heran saat ini banyak kendaraan pribadi khususnya mobil yang memasang GPS ini. Bentuknya nggak beda jauh dari ponsel dan lebih canggihnya ada suara mbak-mbak juga. Nah suara itu muncul saat kita akan men-track lokasi yang akan kita datangi. Jadi kita ngga harus repot cek atau sentuh ulang GPS. Nama lainnya sebagai pemandu yang tanpa wujud gitu (cuma suara aja soalnya).

gpstrackingsystem.biz
gpstrackingsystem.biz

Ada yang masih heran gimana sih cara kerja GPS kok bisa berguna banget untuk bidang transportasi? Jadi, GPS itu berkaitan sama satelit yang ada diluar angkasa nah grafik yang kita lihat itu adalah hasil jepretan dari sana. Makanya bisa akurat banget kan, kalau biasanya ada yang tiba-tiba hilang bisa jadi lebih ke jaringan provider yang bermasalah (mungkin nggak ada sinyal).

Nah kebanyakan orang kalau ditanya apa fungsi GPS udah tahu lah ya. Eh tapi pada tahu nggak sih GPS itu awalnya diciptakan untuk apa? Jadi, ada 4 maksud awal kenapa GPS itu ada yuk kita lihat.

www.gpsalliance.org
www.gpsalliance.org

1. Bidang Militer

GPS ini diciptakan salah satunya untuk menjadi penolong dalam system ketahanan militer. Dalam sistemnya GPS bekerja mencari tahu atau membaca ruang gerak dari musuh yang membahayakan agar bisa segera dilacak, terutama saat genting menghadapi peperangan. Adapun pertolongan selanjutnya sebagai sistem lacak luas mengenai deteksi pencarian letak bom yang mudah meledak sebagai persenjataan terhadap lawan yang menjadi target utama. Para prajurit menjadi tidak salah dalam pergerakan ke medan musuh, lebih terarah dan tidak salah sasaran.

posdgis.wordpress.com
posdgis.wordpress.com

2. Bidang Keamanan

Ada beberapa kasus kejahatan kepemilikan kendaraan bermotor seperti mobil, yang harus dideteksi secara cepat dan tepat. Tim penyelidik dan pihak berwenang bisa segera menemukan lokasi titik ditemukannya target sasaran kendaraan atau mobil yang lenyap sehingga bisa segera ditemukan dan ditangkap pelakunya. Dalam hal ini, GPS menggunakan sinyalnya untuk bisa dibaca oleh alat pendeteksi GPS, serta menentukan titik ordinatnya.

Alat pendeteksi pun bisa bermacam-macam, mulai dari komputer, lalu gadget canggih dan lengkap serta praktis, seperti telepon pintar atau smartphone dan masih banyak lagi lainnya.

www.geology.wisc.edu
www.geology.wisc.edu

3. Bidang Geologi

Yang terakhir adalah suatu hal yang penting, yaitu sebagai alat pemantau ada tidaknya bencana alam yang membahayakan penduduk. Karena ketelitian serta ketepatan dalam mencari sumber mana yang menjadi penyebab bencana alam, utamanya adalah tekanan serta getaran dari dalam perut bumi yang dapat menimbulkan gempa bumi.

Bagi badan geologi serta kegempaan biasanya memanfaatkan teknologi GPS sebagai pemandu serta sensor canggih agar sewaktu-waktu dalam waktu dekat suatu gempa bumi dapat diprediksi dan segera diberikan evakuasi secepatnya serta penanggulangan secara serius agar tidak memakan banyak korban jiwa. Dengan kesiapan yang penuh, gempa bumi bisa dihindari, meminimalkan kerusakan juga menyelamatkan banyak jiwa, dengan memberi solusi seperti bergerak ke luar rumah atau berlindung di ruang bawah tanah.

play.google.com
play.google.com

GPS selain sebagai pemandu, pemantau, dan penentu jarak bisa juga untuk memantau batas-batas wilayah, serta kepemilikan tempat dan ruangan. Bahkan untuk membantu bidang pertanian mengetahui keadaan kontur tanah dari suatu daerah. Ada pula manfaaat untuk bidang pelayaran membantu nahkoda mengetahui wilayah yang berombak tenang dan sedang ada badai. Untuk segi peribadatan sendiri bisa jadi penentu arah kiblat jadi nggak salah arah sholatnya.

Sekarang udah tambah tahu kan GPS itu pada dasarnya untuk bidang-bidang penting seperti disebutkan diatas. Ya karena perkembangan zaman dan semakin canggihnya teknologi terutama alat komunikasi (handphone contohnya) jadilah GPS manfaatnya lebih meluas dan sangat berguna bagi masyarakat.

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)