Home Did You Know? Pecah Ban Waktu Ngebut Di Tol? Ini nih yang Harus Dilakuin

Pecah Ban Waktu Ngebut Di Tol? Ini nih yang Harus Dilakuin

istockphoto.com

Meski mobil rutin melakukan servis berkala, namun pada dasarnya kondisi mobil tidak dapat seutuhnya terpantau oleh kita. Jadi kita tidak pernah tahu ketika dalam perjalanan, seperti apakah keadaan mobil saat itu juga. Meski hal tersebut dapat diatasi dengan rutin melakukan servis atau memeriksa kondisi mobil sebelum melakukan perjalanan, namun pengendara juga harus siap jika sewaktu-waktu terjadi sesuatu yang tidak di inginkan.

Ban pecah memiliki risiko besar terhadap kecelakaan yang menjadi momok tersendiri bagi pengendara ketika melakukan perjalanan, terlebih ketika melewati jalur bebas hambatan atau tol.

Hal paling mudah yang harus kamu lakuin adalah, menyalakan lampu hazard. Setelah kamu memberikan tanda dengan lampu hazard kemudian melipirlah ke bahu jalan. Tetep stay cool ya, jangan panik supaya keadaan tidak semakin buruk.

Sebelum melipir ke bahu jalan dan setelah menyalakan lampu hazard, sebaiknya mobil tidak perlu digas lagi. Biarkanlah mobil melaju dengan sisa kecepatannya sembari mengendalikan stir menuju bahu jalan hingga mobil terhenti dengan sendirinya.

Penggunaan engine brake juga dapat dilakukan ketika mobil dalam keadaan kecepatan tinggi, tapi inget engine brake-nya jangan asal-asalan ya, demi menjaga keselamatan bersama.

Kemudian lakukan pengamatan, ban manakah yang pecah. Jika ban yang pecah berada di posisi depan, sebaiknya lakukan counter steering untuk menyeimbangkan laju mobil. Jika ban pecah sebelah kiri depan, imbangi laju mobil dengan membelokkan stir ke kanan seperlunya untuk menjaga laju mobil tetap terkendali sembari menuju ke bahu jalan. Dan jika ban pecah berada di posisi kanan, maka lakukanlah sebaliknya.

Hal terpenting ketika mengalami pecah ban adalah, tidak melakukan pengereman secara mendadak. Hal tersebut dapat menyebabkan perpindahan berat mobil ke depan yang berujung dengan melintirnya mobil dikarenakan beban yang tidak dapat tersalurkan dengan baik.

Nahh, diatas adalah hal yang harus kamu lakukan jika mengalami pecah ban ketika di jalur bebas hambatan. Yang terpenting sih, stay cool. Tetap santai dan tunjukkan skil mengemudimu. hehehe

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)