Home Did You Know? Penasaran Kenapa Serpihan Busi Bisa Pecahkan Kaca Mobil? Ini Alasannya!

Penasaran Kenapa Serpihan Busi Bisa Pecahkan Kaca Mobil? Ini Alasannya!

Foto : Natgeo

Di beberapa negara barat membawa busi bisa dikategorikan sebagai kejahatan. Pasalnya, busi sering digunakan oleh para pencuri spesialis mobil untuk mengambil barang dalam mobil atau bahkan mencuri mobil tersebut. Cara ini kini bukan cuma populer di luar negeri tapi di Indonesia pun sudah banyak yang mempraktikkannya.

Mungkin kamu penasaran kenapa serpihan busi bisa memecahkan kaca mobil yang tebal. Keramik busi atau insultor menjadi salah satu bagian utama busi selain katoda dan anoda. Istilah lain dari keramik busi tersebut adalah aluminium oxide ceramic.

Dilasir Fastnlow dari Reddit, Sabtu (20/5), aluminium oxide ceramic mempunyai tingkat kekerasan yang disebut Skala Mohs (penemunya seorang Ilmuwan Jerman Friedrich Mohs pada 1812) 9 atau setingkat di bawah intan (10 Mohs scale). Sementara kaca mobil yang berasal dari batu kwarsa punya tingkat kekerasan 6,5 Skala Mohs, masih di atas besi atau platinum yang hanya 4,5. Itulah yang menyebabkan kaca tak mudah pecah kala dilempar dengan benda tersebut.

Jadi, jangan kaget kalau keramik besi yang sangat kecil bisa menghancurkan kaca mobil. Mobilmu minimal harus dilengkapi dengan alarm untuk langsung bereaksi jika ada kasus pencurian.

Nah, berikut ini contoh video menghancurkan kaca mobil dengan keramik busi:

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)