Home Did You Know? Pengecekan Awal Yang Harus Dilakukan Ketika Mobil Susah Distarter

Pengecekan Awal Yang Harus Dilakukan Ketika Mobil Susah Distarter

apritos.com

Mobil susah distarter, merupakan salah satu hal yang bisa saja menimpa siapapun dan dimanapun. Terlebih jika sedang dalam kondisi yang terburu-buru, tentunya hal ini akan menjadi sangat menjengkelkan.

hargamobiloke.com
hargamobiloke.com

Kebanyakan mobil yang mengalami kendala susah distarter erat hubungannya dengan aki mobil yang mulai melemah. Pada dasarnya aki mobil merupakan komponen yang penting karena aki merupakan sumber energy listrik satu-satunya di mobil. Nahh ketika mobil susah distarter ada baiknya lakukanlah hal-hal dibawah ini untuk memastikan apakah benar aki mobil mulai melemah.

Cek kabel terminal aki

Jika mobil susah distarter alangkah baiknya lakukan pengecekan pada kabel yang menempel pada terminal aki. Periksa apakah kabel terlepas atau baut penguncinya mulai kendor. Kemudian bersihkan bagian terminal aki dengan tujuan untuk menghilangkan penghambat arus aki.

Memutar kontak mobil

Hal yang harus diperhatikan pada saat memutar kunci mobil adalah dengan memperhatikan bunyi yang terdengar. Jika mobil susah di strarter kemudian ketika hendak menyalakan mesin terdapat suara cetak-cetak atau tidak terdengar suara sama sekali dapat diartikan aki mobil mulai melemah.

Klakson mobil

Klakson mobil merupakan salah satu piranti yang sangat erat hubungannya dengan aki mobil, pasalnya klakson sangat membutuhkan daya daripada aki mobil. Untuk mengecek aki mobil, tekan klakson dan tahan sembari menyalakan mesin mobil, jika pada saat menyalakan mesin mobil klakson mengalami perubahan suara, maka dapat dipastikan aki mobil mulai melemah.

Instrumen panel mobil pada dasbor

Hal paling mudah untuk mengetahui kondisi aki adalah dengan memperhatikan instrument panel pada dasbor yang dapat dilakukan dengan cara memperhatikan lampu instrument yang menyala setelah memutar kontak mobil pada kondisi on. Jika instrument panel mobil menyala kemudian meredup bisa dipastikan aki mobil mulai melemah, jika lampu instrument tidak menyala sama sekali bisa di indikasikan aki mobil sudah tidak dapat berfungsi kembali atau mati.

Nahh itu dia yang harus dilakukan sob, alangkah baiknya sebelum mengganti aki mobil yang melemah cek juga volume air aki. Jika air aki berada di batas minimum tambahkan dahulu hingga mencapai batas maksimal kemudian diamkan sejenak sebelum menggunakannya kembali. Jika cara tersebut tidak berhasil mungkin aki mobil memang sudah waktunya untuk diganti sob. Ohya, jika memang mobil sudah tidak bisa distarter jangan dipaksakan ya, takutnya dynamo starter malah jadi rusak, kan mahal sob. Hehe.

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)