Home Did You Know? Pengecekan Dasar Pada Mobil Harian

Pengecekan Dasar Pada Mobil Harian

Selain melakukan perawatan rutin secara berkala terhadap mobil, ternyata mobil juga memerlukan perawatan yang sifatnya minor. Pasalnya mobil yang digunakan untuk keseharian akan menghadapi banyak halangan jika dibandingkan dengan mobil yang jarang digunakan. Oleh karena itu, simak beberapa hal yang wajib diperhatikan pada mobil keseharian dibawah ini.

Ban

1-pengecekan-dasar-pada-mobil-harian-tyre-inspection-foothilltoyotadotcom
foothillstoyota.com

Karena ban adalah salah satu komponen mobil yang terus bekerja pada mobil, maka hal pertama yang perlu diperhatikan adalah tekanan ban. Tekanan ban tidak boleh melebihi batas maksimal, dan juga tekanan ban tidak boleh dibawah batas minimum dengan tujuan mobil dapat tetap melaju dengan nyaman. Selain tekanan ban, kedalaman alur juga harus diperhatikan, jika dibutuhkan lakukanlah rotasi ban bila mengalami kegundulan yang berbeda.

Oli Mesin

2-pengecekan-dasar-pada-mobil-harian-dipstick-breakerlinkdotcom
breakerlink.com

Sebelum mobil dipanaskan, alangkah baiknya melakukan pengecekan terhadap oli mobil. Dengan patokan dipstick, status oli mobil akan jelas terlihat. Biasanya hal yang diperhatikan dalam oli mesin adalah volume daripada oli itu sendiri yang ditujunjukkan dengan ketinggian tingkat oli pada dipstick. Warna oli merupakan hal yang kedua untuk mengetahuinya statusnya, biasanya semakin hitam oli yang sedang digunakan itu tandanya oli minta ganti.

Sistem pengereman

3-pengecekan-dasar-pada-mobil-harian-brake-ikinjaimgdotcom
i.kinja-img.com

System pengerman juga harus diperhatikan, mengingat penggunaan rem dijalanan tidakah sedikit. Hal yang paling mudah adalah dengan membersihkan kampas rem menggunakan udara terkompresi.

Lampu

4-pengecekan-dasar-pada-mobil-harian-lights-maxforumsdotnet
maxforums.net

Lampu memang menjadi satu-satunya sumber penerangan dari mobil. Sebelum anda berpergian, alangkah baiknya lakukan pengecekan terhadap lampu-lampu mobil terlebih pada lampu sein, karena tidak mungkin ketika akan belok mobil tidak memberi tanda. Jika ditemukan lampu tidak menyala, sebaiknya segera bawa kebengkel terdekat untuk diperiksa.

Air Radiator

5-pengecekan-dasar-pada-mobil-harian-coolant-wikimeddotcom
wikimedia.org

Dengan fungsi untuk mendinginkan mesin, maka radiator sangat berperan penting terhadap mobil keseharian. Jika kekurangan air radiator, mesin akan cepat panas. Dampaknya bisa berakibat fatal jika tidak segera ditambahkan. Sebaiknya gunakan cairan khusus radiator untuk memaksimalkan kinerja dari radiator itu sendiri.

Air Pembersih Kaca

ytimg.com
ytimg.com

Meski tidak memiliki peranan yang sekompleks lima hal diatas, namun peranan air pembersih kaca akan sangat terasa ketika kaca berdebu, bahkan terkena cipratan lumpur yang diakibatkan oleh mobil yang berada di depan yang tentunya akan mengganggu pandangan. Meski penggunaan air biasa dapat diterapkan, namun akan lebih baik jika menggunakan cairan khusus yang akan memaksimalkan kebersihan pada kaca mobil.

BANK BJB B16 AP SPEED | ISSOM 2018 1ST ROUND - SENTUL INTERNATIONAL CIRCUIT