Home Did You Know? Pengen Tahu Jenis-jenis Kaca Mobil?

Pengen Tahu Jenis-jenis Kaca Mobil?

Kaca mobil ternyata tidaklah sama, terdapat dua jenis kaca yang yang digunakan pada mobil-mobil yang beredar dipasaran. Dua jenis kaca yang digunakan adalah Temperlite dan Lamisafe, simak ulasan dibawah ini mengenai dua kaca tersebut.

www.thegilbertlawgroup.com
www.thegilbertlawgroup.com

Temperlite

Adalah jenis kaca biasa yang diperkeras kembali dengan metode pemanasan dengan suhu mencapai 650 derajat celcius yang kemudian didinginkan kembali pada saat itu juga. Temperlite (Temperred Glass) memiliki kekuatan tiga kali lebih kuat dibanding kaca biasa. Temperlite dikenal sebagai kaca yang tidak mudah pecah. Bukan tanpa kekurangan, Temperlite dapat terpecah menjadi kepingan yang menyerupai Kristal jika tertembus benda tajam yang tebalnya melebihi seper-enam dari tebalnya, cukup membahayakan. Namun jika Temperlite terkena benturan benda tumpul baik itu keras atau tidak Temperlite masih mampu menahannya.

www.sarasotaautoglass.net
www.sarasotaautoglass.net

Penggunaan Temperlite seringnya diterapkan sebagai kaca samping pada mobil. Dengan sifatnya kaca Temperlite juga digunakan pada kaca samping bus. Dengan maksud ketika terjadi suatu hal yang tidak di inginkan kaca dapat dipecah menggunakan alat yang telah disediakan dan penumpang dapat keluar melewatinya.

Lamisafe

Adalah jenis kaca yang terdiri dari beberapa lapisan. Lamisafe (Laminated Glass) memiliki tiga lapisan material. Dua diantaranya terikat dengan Polyvinyl Butiral Film (PVB) yang berada di lapisan tengan dari dua kaca tersebut. Lamisafe biasa digunakan sebagai kaca depan mobil, karena sifat PVB yang mengikat kuat dan liat sehingga kekuatan kaca tidak diragukan lagi. Selain itu Lamisafe juga dapat menyaring sinar ultraviolet hingga 96% sehingga kaca ini dirasa sangat cocok untuk dipasang pada bagian depan mobil.

monettglass.com
monettglass.com

Selain kekuatan dari PVB yang bisa diandalkan, PVB juga berfungsi untuk mengikat kaca ketika terjadi benturan yang sangat keras sehingga mengakibatkan kaca pecah. Pecahan kaca tidak akan lari kemana-mana karena terikat oleh PVB. Pengendara cukup terlindungi berkat keperkasaan PVB yang dapat menahan pecahan kaca dan juga pengendara masih bisa melakukan perjalanan dikarenakan Lamisafe tidak mudah terurai menjadi keeping-keping. Jika terjadi benturan pada umumnya Lamisafe hanya akan mengalami semacam keretakan pada titik itu saja.

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)