Connect with us

Subscribe

Did You Know?

Pengertian Dan Cara Kerja Defogger Pada Mobil

Defogger adalah sebuah komponen yang berfungsi sebagai penghangat kaca pada mobil. Ada sebagian kaca saja yang dilengkapi dengan defogger namun ada juga semua bagian kaca yang dilengkapi dengan penghangat ini. Mengapa kaca harus dihangatkan? Ketika mobil berkendara pada musim hujan maka akan terjadi perbedaan suhu antara kondisi luar dengan bagian kabin kendaraan.

Efeknya tentu saja pada kaca akan terselimuti uap (Embun) dan ini sangat mengganggu jarak pandang (Visibilitas) pengemudi atau penumpang didalamnya, sehingga hal ini akan sangat membahayakan.

Berbeda lagi dengan kondisi di wilayah negara yang mempunyai musim salju, tentu saja jika kaca tidak dilengkapi dengan teknologi ini akan menimbulkan butiran-butiran es pada setiap kaca. Bukan hanya mengganggu tapi sangat membahayakan.

Diwilayah negara bersalju, defogger juga dikenal dengan nama lain seperti ‘Defroster’ atau ‘Demister’. Sedangkan kita masyarakat indonesia lebih familier dengan nama Defogger karena fungsinya hanya pada musim hujan saja.¬†Berdasarkan cara kerjanya, defogger terbagi menjadi 2 jenis yaitu :

  1. Primary
  2. Secondary

Defogger Jenis Primary

Aliran udara bersih yang masuk ke AC akan dikeluarkan menjadi udara dingin sesuai pengontrolan suhu oleh pengemudi. Udara dingin yang keluar dari AC sebagian akan diarahkan untuk melewati heater, dimana pada heater itu sendiri sudah dialiri oleh air panas yang berasal dari sistem pendingin mobil. Udara dingin yang berasal dari AC setelah melewati heater maka suhunya akan berubah menjadi hangat.

Suhu hangat inilah yang selanjutnya dikeluarkan melalui ventilasi-ventilasi kecil pada bagian bawah sisi kaca. Udara hangat inilah yang berfungsi untuk mencegah terjadinya kondensasi pada kaca.Defogger jenis primary ini digunakan pada mobil – mobil yang sudah menggunakan sistem pendingin AC. Umumnya jenis ini digunakan hanya untuk menghangatkan kaca pada bagian depan.

Defogger Jenis Secondary

Berbeda dengan defooger jenis primary, pada jenis secondary penghangat kaca yang digunakan adalah aliran arus yang sangat kecil. Kaca akan dilapisi oleh serat – serat kabel kecil yang melintang. Cara kerjanya, arus yang berasal dari sumber diteruskan ke saklar defogger, posisi saklar ON akan mengalirkan arus ke element pemas yang menempel pada kaca. Jenis defogger scondary ini bisanya digunakan untuk kaca pada bagian belakang mobil.

Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan

Comments

Peran Penting Campuran Udara Dan Bahan Bakar Pada Mesin

Did You Know?

Sejarah ARB: Produk In-house Aksesoris 4WD yang Mendunia – Part 2

Did You Know?

Sederet Kendaraan Militer Rusia Terkini

Did You Know?

5 Tanda Roda Kendaraan Anda Harus Di Balancing

Did You Know?

Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan

Copyright © 2018 Fastnlow.net. Theme by Fastnlow, powered by PT. OTOMEDIA NUSANTARA.

Connect
Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan