Connect with us

Subscribe

Did You Know?

Pengertian Dari Sistem Electric Parking Brake

Electric parking brake atau rem parkir elektrik adalah sebuah rangkaian yang terdiri dari komponen mekanikal dan elektronika untuk difungsikan sebagai penahan kendaraan atau rem parkir. Sesuai namanya, rem parkir elektrik menggunakan sebuah saklar berupa tombol yang akan mengaktifkan fitur rem melalui satu sentuhan tombol. Dulu, rem parkir elektronik hanya terdapat pada mobil-mobil premium, namun saat ini penggunaan electric parking brake lebih menyebar.

Cara kerja rem parkir elektrik cukup sederhana. Ada sedikitnya dua input yang akan dijadikan acuan untuk mengaktifkan sistem rem parkir elektrik. Pertama brake pedal sensor akan mengirimkan sinyal apakah pedal rem berada posisi terinjak atau tidak. Selanjutnya tombol rem parkir akan ditekan oleh pengguna saat ingin mengaktifkan rem parkir.

Saat pedal rem ditekan, maka sensor akan mengirimkan sinyal yang menunjukan bahwa rem utama dalam kondisi aktif. Saat ini rem parkir belum aktif karena baru satu input yang masuk. Input kedua diperoleh saat tombol rem parkir ditekan oleh pengguna. Otomatis, EPB control midule akan mengalirkan arus listrik dari baterai ke motor dengan besar tegangan sesuai kondisi.

Putaran motor akan menarik kawat penghubung yang terkoneksi dengan tuas rem parkir. Tuas ini akan tertarik sehingga kampas rem akan menyempit yang menyebabkan roda mobil akan terkunci. Sehingga mobil akan tetap diam saat terparkir pada jalan menurun.

Untuk menggunakan fitur rem ini, terbilang cukup praktis. Tapi bagi mereka yang baru mengenal teknologi ini pasti akan sedikit kesulitan. Untuk menggunakan rem parkir elektrik, kita hanya perlu menekan tombol rem parkir ke arah bawah sambil menekan pedal rem.

Umumnya, rem parkir elektronik tidak dipengaruhi oleh kunci kontak. Untuk melepaskan fitur rem parkir elektrik, juga sama. Kita hanya perlu mengungkit tombol rem parkir ke arah atas sambil menekan pedal rem. Indikator lampu parkir akan ada di dasboard mobil.

Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan

Comments

Ini Alasan Mengapa Toyota Membuat Merek Lexus

Did You Know?

6 Hal yang Wajib Diketahui Sebelum Memodifikasi 4X4

Did You Know?

KTCI Bekasi Raya – Berbagai Tips ‘Touring Dengan Hewan Peliharaan’

Did You Know?

Para Wanita Bernyali Besar Penggilas Aspal

Did You Know?

Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan

Copyright © 2018 Fastnlow.net. Theme by Fastnlow, powered by PT. OTOMEDIA NUSANTARA.

Connect
Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan