Connect with us

Subscribe

Did You Know?

Penjelasan Dan Fungsi Dari Per Daun

Sistem suspensi pada mobil berfungsi meredam gejala gerakan mobil naik dan turun karena faktor jalan yang tidak rata. Salah satu sistem suspensi yang digunakan pada mobil adalah menggunakan per daun ( leaf spring ).

Per daun terdiri dari 3 sampai 10 lembar plat baja yang tebalnya 3-6 mm dan disusun menjadi satu. Per daun ini disusun satu dengan lainnya. Disusun mulai dari pegas yang terpendek terletak di bagian bawah dan yang terpanjang dibagian atas serta disatukan dengan paku keling atau dibaut dibagian tengahnya. Per terpanjang (per utama) pada kedua ujung pegas ini dibulatkan membentuk mata per untuk memungkinkan pemasangan pada rangka.

Per model daun ini berbentuk elip untuk memertinggi elastisitasnya. Besarnya bentuk lengkung bila dalam keadaan tanpa beban disebut camber. Setiap per daun juga memunyai bentuk lengkung besar yang biasa disebut “nip”.

Untuk meyakinkan bahwa semuanya dalam keadaan kencang, maka gantungan per, ayunan per supaya tetap terpelihara; termasuk pelumasan pada semua bagian yang diperlukan. Selain itu, termasuk kebersihan per dari lumpur dan kotoran lain.

Fungsi Per Daun Pada Mobil

  • Meneruskan gerakan dan beban kedaraan dari rangka kendaraan ke rumah aksel dan roda-roda.
  • Menahan gaya tekan yang berubah-ubah dan mengakibatkan timbulnya gaya perlawanan yang berubah-ubah pula; yang disebut pemegasan.
  • Mencegah terjadinya tekanan ke samping, sehingga kendaraan akan tetap stabil meluncur lurus.

Nip-nip akan bertambah besar bila per-per daun ini menjadi pendek. Tujuannya untuk mencegah terbukanya antara per-per bila bebannya kurang memungkinkan pasir atau barang-barang lain masuk diantara lembaran-lembaran per. Disamping itu dapat menimbulkan gesekan antara per-per. Per-per ini akan menjadi lunak bila per ini menjadi panjang dan menahan beban yang lebih besar bila jumlah per ditambah.

Pada mobil – mobil yang besar dan mengangkut beban super berat, biasanya akan dipasangkan per pembantu. Per pembantu ini terpasang diatas per utama ( per daun ) untuk memaksimalkan kinejanya.

Pers-per pembantu adalah per-per tambahan yang dipasangkan di atas per utama (main spring), digunakan pada mobil-mobil truk dan kendaraan barang berat. Per-per pembantu ini bekerja sama dengan per utamanya bila kendaraan mengangkut beban di atas jumlah yang ditentukan.

Bentuk dari per pembantu hampir sama dengan per utama. Namun bentuknya lebih kecil dibanding dengan per utama. Selain itu untuk mencegah terjadinya gesekan langsung antara per dengan bagian chasis, maka dipasanglah hollow spring.

Hollow spring adalah potongan karet yang berlubang ditengah dan dibaut pada bagian atas axle, kontrol arm atau pada bagian frame yang terletak diatas. Saat lubang tertutup dan udara terperangkap pada lubang tersebut berfungsi sebagai per Hollow spring umumnya digunakan sebagai per tambahan untuk melindungi frame dari benturan per.

Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan

Comments

5 Tren Mobilitas Urban Di Masa Depan – Part 2

Did You Know?

Apa Itu JDM? Apakah semua mobil Jepang itu JDM?

Did You Know?

Evolusi Dibalik Logo BMW & Faktanya – Part 2

Did You Know?

Kenapa Selalu E36? Ini Jawabannya

Did You Know?

Advertisement
Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan

Copyright © 2019 Fastnlow.net. Theme by Fastnlow, powered by CV. OTOMEDIA NUSANTARA.

Connect
Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan