Connect with us

Subscribe

Did You Know?

Penjelasan Lengkap Mengenai Teknologi Cruise Control

Cruise Control adalah sebuah teknologi yang ada pada mobil berfungsi untuk mempertahankan kecepatan yang diinginkan oleh pengemudi, dimana pada kondisi ini pengemudi tidak perlu menekan pedal gas. Keuntungannya adalah kendaraan dapat berjalan pada kecepatan konstant secara signifikan dan mengurangi rasa lelah pengemudi (tidak menginjak pedal gas).

Sama seperti pada teknologi – teknologi yang lain pada mobil, Cruise Control juga tidak bisa bekerja sendirian. Melainkan ada beberapa data sensor yang membantu sebagai data koreksi agar teknologi ini bekerja dengan baik. Adapun komponen – komponen yang menjadi data koreksi Cruise Control adalah sebagai berikut :

  • Steering Wheel Controls
  • Vehicle speed sensor
  • Clutch pedal switch
  • Brake pedal switch
  • Throttle position sensor
  • Vacuum valve control
  • Vacuum actuator
  • ECU

Setelah kendaraan mencapai kecepatan yang diinginkan, pengemudi dapat mengaktifkan teknologi ini dengan bantuan switch kontrol yang terpasang pada bagian bawah setang kemudi. Pada kontrol tersebut bisanya terdapat beberapa pilihan ON, OFF, SET/ACCL. Namun ini bukan patokan utama, karena setiap produsen kendaraan menamainya berbeda walaupun sebenarnya fungsinya sama. Seperti pada umumnya tombol ON dan OFF berfungsi untuk mengaktifkan dan menonaktifkan sistem. Sedangkan tombol SET/ACCL membantu pengemudi untuk benar-benar mengatur kecepatan yang diinginkan.

Ketika Cruise Control aktif atau standby akan muncul simbol seperti speedometer dengan lambang warna hijau. Nah agar mobil bisa berjalan dengan kecepatan yang diinginkan maka anda harus menekan tombol SET. Pada posisi ini maka cruise control sudah aktif dan anda bisa menaikkan kecepatan dengan menekan tombol ” + ” atau menurunkan kecepatan dengan menekan tombol “-” pada kecepatan yang sudah dibatasi oleh sistem.

Beberapa produsen memiliki nilai kecepatan standart untuk mengaktifkan Cruise Control. Ada yang bisa diaktifkan ketika kendaraan masih pada kecepatan 40 Km/jam. Namun sebagian juga ada yang harus pada kecepatan 60 Km/jam. Ketika kendaraan berjalan dibawah kecepatan tersebut, maka cruise control tidak dapat diaktifkan.

Untuk mematikan cruise control ada dua cara yaitu cara manual dengan dengan cara menekan tombol “Cancel” dan cara otomatis. Cruise Control akan mati secara otomatis jika pengemudi menginjak pedal kopling atau pedal rem. Dalam kondisi ini berarti kendaraan berada pada posisi jalan yang tidak memungkinkan berjalan dengan kecepatan konstan. Misal seperti ada lubang, mobil didepan dengan jarak tidak aman dan lain sebagainya. Dengan matinya Cruise Control maka kendaraan berjalan seperti normal kembali dengan pengendalian kecepatan oleh pengemudi.

Kelebihan teknologi Cruise Control :

  1. Sistem ini membantu meningkatkan kenyamanan berkendara pada perjalanan panjang karena tidak perlu menekan pedal akselerator.
  2. Mengurangi kelelahan saat mengemudi.
  3. Meningkatkan efisiensi bahan bakar secara signifikan

Kekurangan teknologi Cruise Control :

  1. Tidak dapat digunakan pada jalanan yang sering mengalami kemacetan atau hambatan lain.
  2. System tidak dapat mendeteksi kondisi jalan yang sifatnya membahayakan seperti air, salju dan sebagainya yang memungkinkan menimbulkan bahaya bagi mobil itu sendiri

Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan

Comments

Peran Penting Campuran Udara Dan Bahan Bakar Pada Mesin

Did You Know?

Sejarah ARB: Produk In-house Aksesoris 4WD yang Mendunia – Part 2

Did You Know?

Sederet Kendaraan Militer Rusia Terkini

Did You Know?

5 Tanda Roda Kendaraan Anda Harus Di Balancing

Did You Know?

Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan

Copyright © 2018 Fastnlow.net. Theme by Fastnlow, powered by PT. OTOMEDIA NUSANTARA.

Connect
Newsletter Signup

Dapatkan email berita dari kami, dengan berlangganan