Home Did You Know? Penyebab AC Mobil Bau Tak Sedap

Penyebab AC Mobil Bau Tak Sedap

Dewasa ini, banyak sekali pemilik mobil mengeluhkan bau mobil tak sedap, yang mana bau tersebut bersumber pada AC. Jika dicermati dengan baik-baik, tidak mungkin AC mengeluarkan bau yang tak sedap. Hal ini pasti mempunyai penyebab yang menjadikan kondisi bau tersebut. Sebenarnya, yang mengeluarkan bau tak sedap bukanlah ACnya, melainkan adanya bakteri yang terdapat pada kolong Ac atau bisa juga bakteri yang telah melekat dalam evaporator AC. Hal ini dikarenakan adanya kotoran atau debu yang terdapat dalam kabin mobil dan kemudian masuk melalui kolong AC tersebut. Misalnya ketika di jalan raya, jendela mobil terbuka dan asap knalpot masuk begitu saja ke dalam mobil yang kemudian akan masuk ke evaporator AC tersebut. Selain itu, bau tak sedap pada AC juga dapat disebabkan oleh jenis parfum yang tidak tepat digunakan di mobil. Parfum dengan kualitas rendah akan sulit dibersihkan ketika sudah masuk ke dalam ecaporator AC. Keadaan parfum yang menempel atau mengendap tersebut yang menyebabkan AC mengeluarkan bau yang tak sedap. Bau tak sedap pada AC mobil ini dapat dihindari jika kita pandai merawat AC mobil. Kita harus melakukan beberapa cara atau tips agar dapat berkendara dengan aman dan nyaman.

Cara atau Tips Menghilangkan Bau AC Mobil

Berkaitan dengan pembahasan di atas, setelah membahas mengenai penyeba bau tak sedap pada AC Mobil, di bawah ini akan dijelaskan mengenai tips menghilangkan bau AC mobil.

  1. Memilih parfum mobil yang berkualitas
    indonesian.alibaba.com
    indonesian.alibaba.com

    Dalam hal ini, Anda perlu memilih jenis parfum yang berkualitas dan terpercaya. Jenis parfum anti bakteri lebih diutamakan untuk mobil agar dapat membunuh bakteri yang menempel dala kolong AC dan juga evaporator AC.

  2. Membersihkan filter AC
    www.wikihow.com
    www.wikihow.com

    Tips ini dapat dilakukan dengan cara menyemprotkan dengan udara atau bisa juga dengan mengketuk-ketukkan agar debu dapat pergi. Pembersihan ini pun tidak perlu dilakukan dengan cara dicuci menggunakan air.

  3. Bepergian ke alam terbuka
    sidetracked.com
    sidetracked.com

    Tips yang satu ini juga dapat Anda lakukan dengan senang hati. Selain Anda dapat berwisata, Anda juga akan mendapatkan nilai tambah yaitu hilangnya bau tak sedap pada AC. Anda perlu mengunjungi daerah yang terbuka dan berudara sejuk. Setelah sampai di daerah tersebut, Anda dapat membuka semua kaca dan pintu mobil lalu menyalakan AC dengan maksimal. Hal ini ditujukan untuk penggantian udara dalam kabin mobil dan AC. Lakukan tips ini selama 10 menit.

  4. Tidak terlalu sering membuka kaca mobil
    www.huffingtonpost.ca
    www.huffingtonpost.ca

    Selama di jalan raya yang penuh dengan kendaraan lainnya, usahakan untuk tidak membuka kaca mobil. Jika dibuka, hal ini memungkinkan debu, asap dan kotoran lainnya dengan mudah masuk ke dalam mobil dan menimbulkan bau tak sedap.

  5. Rutin membersihkan kabin mobil
    www.northwestautosalon.com
    www.northwestautosalon.com

    Membersihkan kabin mobil yang rutin dapat menghilangkan kotoran atau bakteri yang ada dalam kabin mobil. Hal ini juga dapat mencegah bakteri tersebut masuk dalam kolong AC.

  6. Rutin memebrsihkan bagian alas kaki
    auto.marine-news.biz
    auto.marine-news.biz

    Tips ini dapat dilakukan dengan menggunakan bantuan vacuum. Bakteri yang menempel di karpet mobil akan dengan mudah disedot oleh vacuum.

  7. Membersihkan evaporator AC
    bmwe32.masscom.net
    bmwe32.masscom.net

    Cara yang satu ini tidak dapat dilakukan sendiri, melainkan dengan bantuan orang yang ahli dalam bidangnya. Anda dapat meminta bantuan tukang ahli AC.

  8. Tidak menyimpan makanan basah di dalam mobil
    www.streetsideauto.com
    www.streetsideauto.com

    Makanan basah yang tersimpan lama di mobil akan menyebabkan bau yang tak sedap dalam mobil.

  9. Tidak merokok di dalam mobil
    www.telegraph.co.uk
    www.telegraph.co.uk

    Asap rokok dapat dengan mudah menempel di dalam mobil, baik dalam jok mobil, karpet dan bisa msaja menempel dalam kolong AC.

  10. Merawat AC mobil secara berkala
    www.groupon.com
    www.groupon.com

    Tips atau cara yang terakihir ini bertujuan agar Anda dapat kapan saja membersihkan bakteri atau kotoran yang menempel dan tentunya terbebas dari bau tak sedap dalam mobil.

10 tips di atas dapat Anda gunakan untuk menghilangkan bau tak sedap pada mobil Anda. Tips-tips tersebut sangat membantu Anda semua dalam menyelesaikan permasalahan bau pada AC mobil. Akhir kata, sayangi dan rawatlah mobil Anda beserta ACnya agar Anda dapat berkendara dengan nyaman dan tetap aman.

gambar utama via tomtop.com

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)