Home Issue Cars Penyebab BMW M3 Tidak Diproduksi Lagi

Penyebab BMW M3 Tidak Diproduksi Lagi

Negara-negara di Eropa terkenal dengan ketatnya persyaratan untuk berbagai merek mobil mengenai emisi gas buang. Karena semakin ketatnya persyaratan, BMW umumkan akan menghentikan produksi dari mobil sedan sport-nya, yaitu BMW M3 F80 pada bulan Agustus mendatang.

Alasannya, karena proses homologasi ulang untuk sedan sport empat pintu itu oleh Wolrdwide Harmonised Light Vehicle Test Procedure (WLTP) butuh waktu terlalu lama. Homologasi ulang berkaitan dengan pemasangan dan pengujian filter partikulat pada mesin. Dengan lamanya proses tersebut, ditakutkan M3 akan tidak siap saat BMW memperkenalkan generasi terbaru dari Seri 3 pada bulan Oktober mendatang.

Namun nasib BMW M3 berbeda dengan BMW M4 Coupe yang menggunakan mesin sama. Dikatakan bahwa mobil BMW M4 maupun beberapa varian BMW Seri 4 ini tetap diproduksi di tahun-tahun mendatang, dengan ditambahkan saringan partikel terbaru yang tersertifikasi dari WLTP.

Saringan ini akan mengurangi nitrogen oksida, agar dapat memenuhi syarat yang diberlakukan dari WLTP. Namun pihak pabrikan mengatakan bahwa hal tersebut tidak mengurangi performa mesin 6 silinder 3.0L twin turbo pada BMW M4 Coupe yang bertenaga 425 HP.

Alasan lain M4 tetap berlangsung produksinya karena di pasar M4 lebih popular dibandingkan M3, baik versi Coupe maupun Convertible. Sedangkan untuk generasi M3 selanjutnya, atau yang keenam, diperkirakan akan hadir pada tahun 2020 dengan performa lebih ganas dan tentunya mesin sesuai regulasi emisi terkini.

INTERSPORT SPEED OFFROAD 2017 - IXSOR PUTARAN 4 PARAMONT LAND SERPONG (BSD)